Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita seputar DKI Jakarta yang terjadi pada Rabu (5/7), mulai dari pengadaan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) guna mengurai kemacetan hingga juru parkir memungut bayaran atau tarif dua kali di Blok M Square, Jakarta Selatan.

Berikut rangkuman seputar DKI Jakarta yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Pemprov DKI diminta berhati-hati mengalokasikan anggaran teknologi AI

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Justin Adrian meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhati-hati dalam mengalokasikan anggaran untuk pengadaan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) guna mengurai kemacetan.

Dia menekankan pembayaran untuk pengadaan teknologi AI jangan sampai berlebih seperti temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tentang belanja barang dan jasa tahun 2021.

Selengkapnya di sini


2. DKI minta operator pecat juru parkir pungut tarif dua kali di Blok M

Dinas Perhubungan DKI Jakarta meminta operator memecat juru parkir yang memungut bayaran atau tarif dua kali di Blok M Square, Jakarta Selatan, sebagai sanksi tegas untuk memberikan efek jera.

"Warga boleh menolak jika ada juru parkir (memungut tarif dua kali), kalau perlu difoto juga biar bisa menolak. Jadi, kita beri sanksi tegas," kata Kepala Unit Pengelola (UP) Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Adji Kusambarto saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini


3. Pria obesitas asal Ceger ini hanya bisa berbaring di rumahnya

Pria pengidap obesitas, Ahmad Juwanto (19) yang berbobot 200 kilogram hanya bisa berbaring dan duduk di dalam rumahnya Jalan SMP 160, Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Ahmad tidak bisa beraktivitas seperti teman-temannya yang memiliki berat normal karena bobotnya yang mencapai 200 kilogram tersebut.

Selengkapnya di sini


4. Legislator minta FIFA beri penilaian secara langsung kualitas JIS

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Ismail meminta Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) memberikan penilaian secara langsung terhadap kualitas lapangan Jakarta Internasional Stadium (JIS) untuk memastikan sudah terpenuhinya standar bagi penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

"Pastikan mengundang FIFA untuk memberikan penilaian, sehingga ketika FIFA yang memberikan penilaian itu lebih objektif," kata Ismail di gedung DPRD DKI, Rabu.

Selengkapnya di sini


5. TransJakarta operasikan 10 bus rute Bandara Soetta-Kalideres

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengungkapkan, TransJakarta mengoperasikan 10 bus dek rendah (low entry) untuk rute Bandara Soekarno Hatta-Terminal Kalideres dengan kapasitas pengangkutan penumpang mencapai 2.500 orang setiap hari.

"Sepuluh (bus) setiap hari. Kita lihat perkembangannya, kalau kurang kita tambah," ungkap Heru dalam jumpa pers saat uji coba rute baru TransJakarta di depan Stasiun Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023