Kami sebagai penerima, Program Kartu Prakerja sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Pariaman
Badung, Bali (ANTARA) - Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Genius Umar mengatakan Program Kartu Prakerja sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Pariaman.
 
"Kami sebagai penerima, Program Kartu Prakerja sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Pariaman," katanya saat dikonfirmasi di Badung, Bali, Kamis.
 
Genius Umar mengatakan ada delapan persen penduduk Kota Pariaman yang menjadi penerima manfaat Program Kartu Prakerja, dimana 88 persen dari mereka belum pernah bekerja, serta 85 persen dari mereka tidak pernah ikut pelatihan.
 
Kemudian, sambungnya, sekitar tiga persen penerima manfaat merupakan penyandang disabilitas dan tiga persen merupakan purna Pekerja Migran Indonesia (PMI).
 
"Intinya, mayoritas pengikut program ini adalah orang yang belum pernah bekerja," ujarnya.
 
Berkat Program Kartu Prakerja, sambungnya, 94 persen penerima manfaat di Kota Pariaman mampu meningkatkan kompetensi pengetahuan dan soft skill, serta 92 persen dari mereka dapat berwirausaha.

Baca juga: Pemerintah pastikan Program Kartu Prakerja tetap berlanjut di 2024
 
Pada saat pandemi COVID-19, dia mengungkapkan, Produk Domestik Bruto (PDB) daerah lain dalam posisi minus, namun di Kota Pariaman justru positif.
 
"Apalagi sekarang pertumbuhan kita cukup baik, yang disebabkan oleh alumni Program Kartu Prakerja, yang mempengaruhi perekonomian daerah sebesar delapan persen," tuturnya.
 
Dia menyebutkan Program Kartu Prakerja hadir melengkapi upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman. Contohnya, kata dia, dengan adanya program pelatihan pengelasan (welding) yang diadakan Pemkot Pariaman untuk mencukupi kebutuhan tenaga kerja dalam bidang tersebut dan program pelatihan bahasa yang dicakup oleh Program Kartu Prakerja.
 
Menurutnya, hal tersebut dapat dicontoh oleh daerah lainnya di Indonesia.
 
"Dengan demikian kombinasi antara program pusat dan program daerah akan lebih efektif," kata Genius Umar.

Baca juga: Menko Airlangga: Kartu Prakerja bukti komitmen pemerintah Indonesia
Baca juga: Prakerja sebut Kartu Prakerja peroleh pengakuan internasional

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023