Kita upayakan pembukaan blokirnya
Jakarta (ANTARA News) - Menpora Roy Suryo menjamin anggaran Kemenpora dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2013 yang didalamnya terdapat dana pelatnas atlet akan cair dalam waktu dua pekan ini setelah sebelumnya diblokir oleh kementerian keuangan.

"Ini pasti akan menghambat dana pelatnas tetapi pelan-pelan kita upayakan, Insya Allah akan cair satu hingga dua pekan ini," kata Roy usai kunjungannya menemui Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, di Balaikota, Jakarta, Jumat.

"Kita upayakan pembukaan blokirnya," tambahnya.

Roy mengatakan mulai tahun ini kinerja Kemenpora dikawal penuh oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sehingga jika anggarannya tertib dan bagus bisa menjamin Kemenkeu memberikan anggarannya.

Kementerian pemuda dan olahraga termasuk dari tiga kementerian, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama, yang hingga saat ini belum dapat mencairkan anggaran belanja karena dalam status diblokir dari alokasi anggaran Rp1,96 triliun yang diblokir sebesar RP1,89 triliun (97 persen).

Dari sejumlah anggaran tersebut, jatah untuk pelatnas sebesar Rp250 miliar yang dikonsentrasikan untuk SEA Games 2013 dan Para Games di Myanmar, Islamic Solidarity Games di Riau, Asian Indoor Games di Incheon Korea Selatan, serta Asian Youth Games di Nanjing Tiongkok.

Belum turunnya anggaran tersebut berimbas pada persiapan atlet yang sudah atau akan masuk ke dalam pelatnas menjadi terganggu karena terhambat masalah dana.

Sementara itu, verifikasi Surat Keputusan (SK) Pelatnas tahap II telah dilakukan awal Maret ini untuk segera diterbitkan pada bulan ini dengan kuota 150 persen atlet dan menyusul beberapa induk olahraga yang belum mendapatkan SK Pelatnas tahap I. 

Pewarta: Monalisa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013