Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Kamis (6/7), mulai dari Pemerintah-DPR pastikan tak ada PHK dan pengurangan gaji bagi non-ASN, hingga Bawaslu RI deklarasi dukung Pemilu 2024 ramah disabilitas.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.


Pemerintah-DPR pastikan tak ada PHK dan pengurangan gaji bagi non-ASN

Pemerintah dan DPR RI memastikan tak akan ada pemutusan hubungan kerja (PHK) hingga pengurangan pendapatan dalam penyelesaian tenaga non-ASN yang jumlahnya telah membengkak hingga mencapai 2,3 juta orang se-Indonesia.

Selengkapnya baca di sini.


Cak Nun dirawat intensif di RS Sardjito Yogyakarta

Budayawan Emha Ainun Nadjib atau yang akrab disapa Cak Nun dikabarkan sedang dirawat intensif di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dalam pesan yang beredar di grup WhatsApp Jamaah Maiyah, Kamis, Cak Nun dikabarkan mengalami pendarahan pada otak dan tidak sadarkan diri.

Selengkapnya baca di sini.


Ketua MPR minta pemerintah selidiki kasus antraks di Gunungkidul

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta Pemerintah, yakni Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan), bersama para pakar menyelidiki awal mula penularan kasus antraks yang muncul di Gunungkidul, Yogyakarta.

Di samping itu, Ketua MPR juga mengatakan bahwa Pemerintah perlu bergerak cepat melakukan upaya mitigasi dan isolasi wilayah di daerah yang memiliki kasus antraks.

Selengkapnya baca di sini.


Belanda siap kembalikan 472 benda peninggalan sejarah kepada Indonesia

Belanda siap mengembalikan 472 objek benda budaya penting peninggalan sejarah, yang dibawa secara tidak sah dan diperoleh secara paksa atau dengan penjarahan selama masa kolonial, kepada Indonesia.

Selengkapnya baca di sini.


Bawaslu RI deklarasi dukung Pemilu 2024 ramah disabilitas

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI bersama Komisi Nasional Disabilitas (KND), Pusat Pemilihan Umum Akses (PPUA), dan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) mendeklarasikan komitmen mereka dalam mendukung Pemilu 2024 yang ramah bagi difabel.

Pembacaan deklarasi yang berisi empat poin komitmen tersebut dipimpin oleh penyanyi muda sekaligus kontestan America's Got Talent (AGT) 2023 Putri Ariani di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023