Jakarta (ANTARA News) - San Miguel Beermen menghentikan ambisi Indonesia Warriors memecahkan rekor kemenangan beruntun baru setelah mengalahkan mereka 57-52 di kandang sendiri di Gedung Tennis Indoor Senayan dalam laga lanjutan Liga Bola Basket ASEAN (ABL), Jumat.

Kekalahan tersebut memaksa rekor kemenangan Warriors terhenti di angka tujuh pertandingan saja, setelah pada Rabu (6/3) menyamai perolehan rekor tahun lalu dengan menumpas Chang Thailand Slammers 69-60.

Chris Banchero memimpin rekan-rekannya menaklukkan tuan rumah dan sukses mencetak 19 poin yang merupakan perolehan angka individual tertinggi dalam laga tersebut.

Sementara Chris Daniels yang kembali mereguk "double double" lewat kemasan 16 angka dan 16 kali "rebounds", setelah sebelumnya dalam laga melawan Slammers rekor individunya terhenti, tetap gagal menyelamatkan Warriors dari kekalahan.

Demikian juga dengan Steven Demon Thomas, kapten Warriors itu juga mencapai "double double" lewat 11 poin dan 14 kali "rebounds".

Meski kalah, Warriors tetap kokoh di puncak klasemen dengan catatan tujuh kali menang dan tiga kali kalah, sementara Beermen membayangi sang juara bertahan di posisi kedua lewat enam kali kemenangan dan tiga kali kekalahan.

Warriors kembali menurunkan susunan pemain yang sama ketika melawan Slammers dengan kehadiran Mario Wuysang, Daniels, Christian Ronaldo "Dodo" Sitepu, John Smith dan Steve. Sementara Beermen menurunkan kekuatan penuh dengan kembalinya Brian Williams ke tim mereka setelah menepi dua laga sebelumnya akibat cedera lutut.

Pada kuarter pertama Warriors unggul tipis 13-10 setelah Daniels berhasil menghalau tembakan krusial Williams di menit-menit akhir.

Warriors terlihat akan memenangkan laga tersebut saat di kuarter kedua, Daniels kembali melakukan blok penting atas tembakan Williams di menit akhir kuarter kedua.

Warriors bahkan berhasil memperlebar jarak keunggulan menjadi 11 poin, setelah menutup kuarter kedua dengan skor sementara 25-19.

Petaka bagi Warriors mulai muncul saat di kuarter ketiga Beermen justru berhasil membalikkan keadaan dan unggul 41-37.

Padahal di paruh awal kuarter ketiga, Warriors sempat menjauh lewat dua tembakan tiga angka dari Dodo dan John Smith yang mengubah kedudukan menjadi 33-22, di sisa waktu enam menit 48 detik.

Banchero menjadi pengubah permainan lewat keberhasilannya mengoyak pertahanan Warriors. Ia berhasil menciptakan "three point play" di sisa waktu empat menit lima detik sebelum memberi "assist" kepada Jeric Marco Fortuna yang menyamakan kedudukan dalam skor 34-34.

Tak lama berselang, Banchero betul-betul memperlihatkan kepiawaiannya dalam memperoleh "three point play" dan mengantarkan Beermen membalikkan keadaan menjadi 36-34 meskipun ia gagal melesakkan kesempatan tembakan bebas.

Kuarter ketiga ditutup dengan keberhasilan tim tamu unggul 41-37.

Pada kuarter terakhir, tekanan mental terlihat melanda para pemain Warriors yang terbukti dengan tidak tenangnya Jerick Uy Canada, John Smith dan Wuysang ketika mendapat kesempatan sehingga gagal memperoleh poin.

Hal itu diperparah dengan kian efektifnya permainan Banchero yang didampingi mantan pemain terbaik Liga Bola Basket Filipina (PBA) Paulasi Taulava.

Daniels sempat membawa Warriors mendekati perolehan angka Beermen saat ia berhasil mendapatkan dua kali kesempatan tembakan bebas dan sukses memanfaatkannya dengan baik untuk mengubah kedudukan menjadi 41-45.

Pada sisa waktu tiga menit 48 detik, Warriors terlihat kembali bersemangat meski tertinggal sembilan angka setelah Williams terkena "foul out". Steve yang sukses memperkecil ketertinggalan menjadi 43-50 lewat dua kali lemparan bebasnya sedikit menambah semangat para pemain.

Sayangnya, faktor mental agaknya menjadi permasalahan besar Warriors malam ini dengan gagalnya Dodo, Canada, John Smith dan Wuysang memanfaatkan kesempatan lemparan tiga angka tanpa penjagaan ketat.

Warriors harus menerima kenyataan langkah panjang mereka menuju rekor baru dimulai dari nol lagi ketika wasit memberikan dua kesempatan tembakan bebas bagi Ricardo Cawaling di dua detik terakhir yang sukses ia manfaatkan untuk mengubah kedudukan menjadi 57-52.

Skor tidak berubah meski Wuysang mencoba melesakkan "buzzer beater" yang sejatinya tidak akan menyelamatkan timnya di detik terakhir.

Pertandingan berakhir untuk kemenangan Beermen 57-52.

Selanjutnya Beermen akan melawat ke kandang Jobstreet.com Singapore Slingers pada 24 Maret, sementara Warriors akan kembali menjamu Slammers pada 27 Maret.

(G006/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013