Peserta khitanan massal di Pelabuhan Makassar kali ini rerata merupakan anak-anak dari nelayan yang ada di kelurahan sekitar Makassar New Port (MNP)
Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo melalui Pusat Pembinaan Dakwah Islam (PPDI) menggelar kegiatan khitanan massal yang tujuannya adalah menciptakan insan yang bersih dan "Rabbani".

Dalam sejumlah literatur disebutkan bahwa generasi "Rabbani" adalah sekelompok orang yang memiliki pengetahuan tentang Al Quran dan As- Sunnah, lalu mengaplikasikan ilmu yang diketahuinya dalam kehidupan serta mengajarkan kepada masyarakat dari ilmu yang diketahuinya.

"Kegiatan ini serentak di tiga cabang di Regional 4, yakni Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Parepare, dan Pelabuhan Pantoloan yang merupakan cabang Pelindo Regional 4," kata Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis dalam keterangan di Makassar, Sabtu.

Ia mengatakan, kegiatan khitanan massal yang mengusung tema “Bhakti Maziska Pelindo untuk Negeri Dalam Menciptakan Insan yang Bersih dan Rabbani" itu didanai dari hasil zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) karyawan Pelindo Regional 4.

Adapun jumlah anak yang dikhitankan tagetnya sebanyak 520 anak, terdiri atas 320 anak di Pelabuhan Makassar, 150 anak di Pelabuhan Pantoloan, dan 50 anak di Pelabuhan Parepare.

Ketua Umum PPDI Pelindo, Mujianto mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan itu merupakan kontribusi PPDI Pelindo dalam memberi bakti sosialnya melalui khitanan massal guna menciptakan generasi penerus bangsa yang bersih dan Rabbani.

“Kegiatan ini merupakan sumbangsih zakat, infaq, dan sedekah yang berasal dari sebagian kecil gaji pegawai Pelindo di seluruh Indonesia. Ini juga bentuk pertanggungjawaban kami sebagai Ketua Umum PPID," katanya.

Sementara t,anggung jawab itu salah satunya melalui program khitanan massal yang diselenggarakan pada hari ini dengan target total sebanyak 500 anak di tiga pelabuhan di Regional 4.

Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis mengatakan, sebagai tuan rumah pihaknya sangat bersyukur atas terlaksananya kegiatan khitanan massal yang diprakarsai PPDI Pelindo ini.

Dia menyebutkan bahwa peserta khitanan massal di Pelabuhan Makassar kali ini rerata merupakan anak-anak dari nelayan yang ada di kelurahan sekitar Makassar New Port (MNP).

Baca juga: Wujudkan generasi Qurani, UNP gelar lomba MTQ mahasiswa

Baca juga: Muhammadiyah dukung "Pamekasan Hebat" melalui generasi Qurani

Baca juga: Kapuspitek yakin generasi milenial Qurani bisa lewati gelombang disrupsi

Baca juga: Banda Aceh berupaya lahirkan generasi Qurani

 
Head Regional 4 Pelindo A Enriany Muis bersama Ketua Umum PPDI Pelindo, Mujianto di sela ​​khitanan massal di Pelabuhan Makasssar, salah satu dari tiga pelabuhan kelolaan PT Pelindo Regional 4 di Makassar, Jumat (7/7/2023). FOTO ANTARA/HO- Pelindo Reg 4

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023