Dukungan dari Universitas Mindanao menjadi loncatan yang sangat penting bagi kemajuan akademik dan sejalan dengan cita-cita Ubhara Jaya untuk menjadi kampus unggulan di level nasional dan internasional
Jakarta (ANTARA) -
Rektor Universitas Bhayangkara (Ubhara) Jakarta Raya, Irjen Pol (Purn) Dr Drs Bambang Karsono secara resmi meraih gelar akademik tertinggi sebagai profesor ke-10 yang diberikan oleh Universitas Mindanao, Filipina dalam program Top Level Executive Exchange Program.

"Dukungan dari Universitas Mindanao menjadi loncatan yang sangat penting bagi kemajuan akademik dan sejalan dengan cita-cita Ubhara Jaya untuk menjadi kampus unggulan di level nasional dan internasional," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.
 
Pengukuhan gelar profesor ini diberikan dalam acara "The 6th Academic Investiture for Professorial Conferment" yang berlangsung di auditorium Universitas Mindanao, Kota Davao, Filipina, pada Kamis (6/7).
 
Presiden Universitas Mindanao Dr Guillermo P. Torres menyatakan bahwa Ubhara Jaya dan Universitas Mindanao telah berkolaborasi secara internasional sejak tahun 2016.
 
"Berbagai inovasi program yang sudah dilakukan diantaranya kuliah internasional, penelitian bersama mahasiswa dan dosen, serta pertukaran mahasiswa. Komitmen ini akan terus berkembang hingga tingkat akademik yang lebih tinggi,” katanya.
 
Guillermo P. Torres menambahkan bahwa momentum ini menandai kolaborasi yang semakin kuat di bidang akademik antara kedua perguruan tinggi.
 
Sementara, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Mindanao Dr Ronnie V. Amorado mengatakan, pengukuhan profesor ini adalah bagian dari kampanye yang secara intensif dilakukan untuk pembukaan berbagai program pertukaran mahasiswa dan staf akademik yang dilakukan antar negara.
 
"Universitas Mindanao telah menerima banyak mahasiswa asing yang berasal dari sejumlah negara dari Asia, termasuk Indonesia. Pengukuhan gelar profesor dari program pertukaran level eksekutif yang tengah dikembangkan bekerjasama dengan Ubhara diharapkan dapat membuka berbagai peluang pertukaran mahasiswa dan staf akademik,” kata Ronnie.

Baca juga: Ubhara Jaya beri pelatihan untuk guru sekolah Indonesia di Filipina

Baca juga: Pengusaha Mindanao tertarik tingkatkan bisnis dengan Indonesia

Baca juga: Kunjungi pesantren, Filipina belajar bangun madrasah ke Indonesia

Baca juga: KJRI Davao fasilitasi repatriasi WNI dari Mindanao

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023