Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa warga perlu mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada awal musim kemarau tahun ini. 

"Mencermati perkembangan dinamika atmosfer, potensi hujan intensitas sedang hingga lebat masih dapat terjadi. Pada periode ini perlu diwaspadai potensi hujan sangat tinggi hingga ekstrem di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan pers yang disampaikan pada Sabtu di Jakarta.

Guswanto menyampaikan, selama periode 8 sampai 10 Juli 2023 hujan berpeluang turun di wilayah Sumatera seperti Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Selama kurun itu, hujan juga dapat terjadi di sebagian wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur serta sebagian wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Di wilayah timur Indonesia, hujan selama periode tersebut diprakirakan mengguyur sebagian wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Guswanto menjelaskan beberapa faktor dinamika atmosfer yang menyebabkan hujan masih turun di wilayah tersebut pada awal kemarau, antara lain aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) serta gelombang ekuator Kelvin dan Rossby yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan secara tidak langsung meningkatkan curah hujan.

Menurut dia, MJO dan gelombang Kelvin bergerak dari arah barat ke timur, dari Samudra Hindia ke arah Samudra Pasifik dan melewati wilayah Indonesia dengan siklus pergerakan MJO sekitar 30 sampai 40 hari dan gelombang Kelvin dalam skala yang relatif lebih cepat, yaitu harian.

Sebaliknya, ia melanjutkan, gelombang Rossby bergerak dari arah timur ke barat, dari arah Samudra Pasifik ke arah Samudra Hindia, dan melewati Indonesia.

Sebagaimana MJO dan gelombang Kelvin, kata dia, aktifnya Gelombang Rossby di wilayah Indonesia dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan dan secara tidak langsung berdampak pada peningkatan curah hujan.

"Untuk itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat terdampak, terutama yang masuk wilayah bahaya, untuk meningkatkan kewaspadaan dan mempersiapkan upaya mitigasi terhadap potensi hujan lebat hingga sangat lebat di sekitarnya," kata Guswanto.

Warga bisa mengakses informasi terkini mengenai prakiraan cuaca di kanal informasi resmi BMKG seperti akun media sosial @infobmkg, situs web resmi BMKG, dan layanan pusat panggilan 196 BMKG.

Baca juga:
Hujan deras sebabkan banjir di dua wilayah di Kabupaten Malang
1.511 keluarga terdampak banjir menyusul hujan lebat di Kolaka

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023