Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) - Tim nasional sepak bola Singapura tersingkir dari kompetisi Piala AFF U-19 Putri 2023 setelah kembali menuai kekalahan di Arena Atletik Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu.

The Lionesses tak beruntung setelah mencatatkan dua kekalahan beruntun pada babak penyisihan Grup B.

Tim Singapura kalah 0-1 dari Malaysia pada Sabtu (8/7) setelah pada Kamis (6/7), anak asuh pelatih muda Fazrul Nawaz itu dipaksa menyerah dengan skor 0-6 dari timnas Vietnam.

Atas hasil tersebut Singapura dinyatakan gugur karena menjadi juru kunci klasemen tanpa satu pun gol yang berhasil mereka ciptakan.

Pelatih Kepala Timnas Putri Singapura Fazrul Nawaz saat ditemui di Arena Atletik Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan mengatakan mendapatkan banyak sekali pelajaran dari kompetisi tersebut.

Fazrul selaku mantan penyerang timnas senior Singapura itu mengakui, minimnya persiapan stamina dan fisik menjadi salah satu faktor yang membuat penampilan anak asuhnya kurang maksimal.

Dari setiap pertandingan di Palembang, rata-rata para pemain putri Singapura tampak kehabisan tenaga saat memasuki babak kedua.

Selain itu, komposisi pemain muda yang bergabung dalam tim juga menjadi perhatiannya.

Baca juga: Thivashini bawa Malaysia menang 1-0 atas Singapura di AFF U-19 Putri

Para staf pelatih mencoba merotasi pemain untuk menyiasati stamina, namun upaya tersebut tak berdampak banyak pada pola permainan di lapangan.

"Kami mencobanya saat menghadapi Malaysia, sempat berhasil, tapi kami kurang beruntung. Ketika fokus menyerang, kami justru kebobolan lewat tendangan bebas," kata dia.

Terlepas dari itu semua, Fazrul mengaku bangga dengan kegigihan Dhaniyah Qasimah Zamri dan kawan-kawan yang sudah berjuang habis-habisan demi mengharumkan Singapura.

"Ofisial dan pemain telah melakukan yang terbaik. Semua ini jadi pelajaran sebagai bekal menyongsong prestasi pada kompetisi lainnya," kata dia.

Selain itu, Fazrul pun menyampaikan timnya sangat mengapresiasi atas pelayanan maksimal panitia penyelenggara lokal dari PSSI dan keramahan dari penggemar sepak bola di Palembang yang menyambut mereka secara antusias beberapa hari terakhir.

"Kami sangat senang dan merasa terhormat selama di Palembang, Indonesia, karena mendapat sambutan dan kebutuhan kami dilayani dengan baik," tutupnya.

Susunan pemain inti Timnas U-19 Putri Singapura: Nur Izairida Shakira, Dhaniyah Qasimah Zamri, Nadia Mohammad, Nur Adrianna Hazeri, Chloe Koh Ke Ying, Kyra Elise Taylor, Josephine Ang Kaile, Nur Sarah Zu'risqha, Ardhra Arul Ganeswaran, Seri Ayu Natasha, Qarissa Putri Ramadhan.

Baca juga: Indonesia kokoh di puncak klasemen grup A Piala AFF Putri U-19 2023
Baca juga: Kamboja tidak puas menang 1-0 dari Timor Leste di AFF U-19 Putri 2023

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023