Pada saat berangkat banyak yang menggunakan kursi roda, tapi sekarang mereka kembali dengan lebih segar lagi
Majalengka (ANTARA) - Kelompok Terbang (Kloter) pertama jamaah haji Debarkasi Kertajati yang berasal dari Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, tiba di Tanah Air pada Minggu (9/7) sekitar jam 16.10 WIB menggunakan pesawat Saudi Arabia.

"Alhamdulillah kedatangan jamaah haji kloter pertama di Bandara Kertajati tiba dengan selamat," kata Bupati Majalengka Karna Sobahi di Majalengka, Minggu.

Menurutnya, kondisi para jamaah haji kloter pertama yang berasal dari Kabupaten Majalengka, semua dalam keadaan sehat. Bahkan pada saat berangkat menggunakan kursi roda, kata dia, saat ini sudah berjalan dan segar.

Bahkan dari laporan pihak kesehatan menyatakan bahwa jamaah haji tersebut dalam kondisi sehat. Ini tentu menggembirakan bagi keluarga yang sudah menunggu lama, katanya.

"Pada saat berangkat banyak yang menggunakan kursi roda, tapi sekarang mereka kembali dengan lebih segar lagi," ujar Karna.

Baca juga: Kloter pertama jamaah haji Debarkasi Kertajati datang Sabtu ini

Karna menyebut kedatangan jamaah haji kloter pertama itu berdampak positif bagi Bandara Kertajati mengingat bandara ini kini sudah bisa digunakan dalam penerbangan jamaah haji.

Para jamaah haji yang datang di Debarkasi Kertajati, kata dia, ini tidak lagi harus ke Asrama Haji Indramayu, sehingga administrasi bisa dipersingkat.

Karena ketika harus balik ke Asrama Haji Indramayu, menurut Karna, bakal memakan waktu yang cukup lama. Padahal jamaah haji asal Kabupaten Majalengka lebih dekat langsung ke rumah masing-masing.

"Kedatangan mereka tanpa harus ke Asrama Haji Indramayu ini bagus, karena tidak perlu memutar lagi," katanya.

Kloter pertama jamaah haji Debarkasi Kertajati tiba di Tanah Air sekitar jam 16.10 WIB, mereka mengalami keterlambatan dari jadwal yang ada yaitu pada 15.55 WIB.

Baca juga: 17 kelompok terbang sudah tertampung Asrama Haji Indramayu
Baca juga: PPIH: Jamaah haji gelombang II diberangkatkan ke Madinah mulai 10 Juli
Baca juga: Kemenag imbau jamaah haji tetap jaga kesehatan saat tunggu kepulangan

 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023