ini menjadi solusi kemacetan jalan menuju ke Berastagi, Kabupaten Karo.
Medan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dalam pengerjaan jalan alternatif Medan-Berastagi via Kutalimbaru akan selesai pada tahun 2024.

"Kami sangat mendukung jalan alternatif itu selesai pada tahun depan, ini menjadi solusi kemacetan jalan menuju ke Berastagi, Kabupaten Karo," kata Bupati Kabupaten Karo Cory Sriwaty Sebayang, di Berastagi, Minggu.

Sebab, kata Cory lagi, jalan lintas menuju ke Berastagi sering dikritik karena macet. Tak lepas pula dari jumlah wisatawan maupun arus lalu lintas menuju kabupaten lain dari Karo ini.

"Apa boleh buat, karena jalan lintas Kabupaten Karo ini merupakan jalur yang juga dilintasi oleh tujuh kabupaten. Adanya jalan alternatif ini bisa mengurangi kemacetan," ujarnya pula.

Kepala Disbudparpora Kabupaten Karo Munarta Ginting menambahkan adanya jalan alternatif menuju Berastagi tersebut, perlu diapresiasi. Soalnya, jalan lintas saat ini merupakan jalur lintas wisatawan maupun produksi (bisnis).

"Adanya jalan alternatif ini cepat selesai, pasti tingkat pengunjung di Kabupaten Karo akan meningkat," ujarnya lagi.

Sebelumnya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan jalan alternatif Medan-Berastagi via Kutalimbaru akan selesai dan bisa digunakan pada tahun 2024.

"Jalan alternatif Medan-Berastagi sepanjang kurang lebih 55,87 km tersebut, kita harapkan sudah bisa digunakan pada tahun 2024. Sehingga masyarakat tidak lagi bermacet-macetan di sepanjang jalan utama Medan-Berastagi," ujarnya.

Ia mengungkapkan kebutuhan pangan masyarakat Sumut bergantung pada Kabupaten Karo, yakni 65 persen. Oleh karena itu, ia terus mendorong pembangunan infrastruktur Kabupaten Karo tersebut.

Dia menjelaskan saat ini progres pengerjaan telah selesai sepanjang 9,75 km, dengan jalur yang telah rampung dibangun berada di Desa Suka Makmur, Kecamatan Kutalimbaru, Deli Serdang, Sumut.

Jalur tersebut melintasi Tuntungan-Desa Sukamakmur, Kecamatan Kutalimbaru-Dusun II Sukamakmur-Dusun X Tanduk Benua-Dusun Sembaikan II, Kecamatan Sibolangit-Desa Jaranguda Berastagi.

Total jalur alternatif via Kutalimbaru ini sekitar 55,87 km, lebih pendek dari jalur utama (jalan nasional) 76 km.
Baca juga: Jalan alternatif Karo-Langkat segera bisa digunakan
Baca juga: Jalan alternatif Medan-Berastagi via Kutalimbaru selesai tahun 2024

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023