Untuk sementara pemadaman sudah dihentikan, dan akan dilanjutkan pada Senin pagi apabila di lokasi masih terdapat api
Meulaboh (ANTARA) - Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat sepanjang Ahad (9/7),  melakukan pemadaman api di tiga lokasi kebakaran lahan tersebar di tiga kecamatan di daerah tersebut.

“Untuk luas kebakaran masih belum diketahui karena masih dilakukan pendataan,” kata petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Aceh Barat, Asrajuddin kepada wartawan di Meulaboh, Ahad malam.

Ada pun tiga lokasi kebakaran lahan di Kabupaten Aceh Barat diantaranya di Desa Keureuseng, Kecamatan Samatiga dan di Desa Peunia dan Gampong Simpang, Kecamatan Kaway XVI, serta di Desa Seuneubok Trap, Kecamatan Bubon.

Asrajuddin mengatakan upaya pemadaman kebakaran di tiga lokasi tersebut turut dibantu oleh petugas kepolisian dari Polres Aceh Barat, Polsek Bubon, Koramil Bubon,
Petugas KPH Wilayah IV Aceh, serta masyarakat.

Guna memudahkan pemadaman, pihaknya turut mengerahkan satu unit mobil patroli pemadam kebakaran, satu unit mesin Kohler, serta satu unit mesin pompa portable dan beberapa unit selang.

“Saat ini sudah berhasil dikendalikan oleh petugas,” katanya menambahkan.

Guna mencegah laju api, petugas juga telah melakukan pencegahan agar sebaran api tidak meluas di sekitar lokasi kebakaran.

“Untuk sementara pemadaman sudah dihentikan, dan akan dilanjutkan pada Senin pagi apabila di lokasi masih terdapat api,” tuturnya.

Baca juga: 21 titik panas terdeteksi di Kalimantan Timur
Baca juga: Bekas Karhutla di Nagan Raya kembali terbakar, BPBD: Luasnya 5,5 Ha
Baca juga: Kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Selatan mencapai 233 hektare

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023