Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putra yang juga kapten timnas Indonesia Alwi Farhan mencetak kemenangan kedua bagi tim Garuda Muda sekaligus menggandakan keunggulan menjadi 2-0 atas India pada perempat final Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia (BAJC) 2023.

Alwi menundukkan Ayush Shetty dengan skor 18-21, 21-15, 21-19 dalam pertandingan partai kedua babak perempat final di Yogyakarta, Senin.

"Saya bermain lebih menyerang di gim pertama sehingga lawan lebih banyak menunggu. Saat kalah angin seharusnya saya bisa mengantisipasi serangan lawan dengan baik. Bersyukur di poin-poin kritis bisa keluar dari tekanan dan memenangkan pertandingan," ujar Alwi melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta.

Runner-up Osaka International Challenge 2023 itu mengaku sempat kesulitan pada gim pertama saat lawan banyak bermain bertahan. Saat tertinggal pada gim pertama, Alwi mampu tampil apik pada gim kedua untuk memaksakan pertandingan berjalan rubber game.

Akhirnya kapten tim Indonesia bisa melewati Ayush Shetty di poin-poin kritis lewat smes saat unggul sisi lapangan.

Baca juga: Adrian/Felisha buka keunggulan Indonesia di perempat final BAJC

Meski menang, Alwi mengaku tidak begitu puas dengan permainannya karena banyak melakukan kesalahan sendiri. Pemain asal Solo, Jawa Tengah, itu berharap bisa mengurangi kesalahan yang tidak perlu jika nantinya dipasang kembali pada semifinal.

"Saya tidak begitu puas dengan performa hari ini. Banyak yang harus dievaluasi lagi dari saya. Saya sendiri masih sering ragu sehingga bermain lebih hati-hati," kata juara Bangladesh Junior International Series 2021 itu.

Ia menceritakan kondisinya sejauh ini tidak ada masalah berarti terutama di bagian paha kirinya. Alwi hanya merasa tegang saat pertandingan, sehingga bagian paha kirinya agak keras.

Ia berharap kondisi itu bisa segera teratasi untuk menghadapi pertandingan berikutnya.

"Bagian paha kiri saya agak tegang. Saya mengalami hal serupa saat fase grup melawan China. Saya merasa hal ini terjadi karena saya mengalami ketegangan sehingga terjadi seperti ini," kata Alwi.

Dengan hasil tersebut, Indonesia untuk sementara unggul 2-0 atas India pada perempat final (BAJC) 2023.

Skuad Garuda Muda lebih dulu membuka kemenangan lewat ganda campuran Adrian Pratama/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu. Adrian/Felisha menang dua gim langsung 21-16, 21-15 atas Samarveer/Radhika Sharma.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023