kuota penerima yang tersedia sebanyak 10 orang
Samarinda (ANTARA) - Sepuluh orang siswa dinyatakan lolos sebagai calon Mahasiswa Beasiswa Utusan Daerah ( BUD) kerja sama Pemerintah Provinsi Kaltim dengan perguruan tinggi Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun ajaran 2023.

Ketua Badan Pengelola Beasiswa Kaltim Tuntas Iman Hidayat mengatakan sepuluh orang siswa tersebut telah melalui dua tahapan seleksi, yakni tahapan seleksi pertama yang mengacu pada hasil nilai rapor jenjang SMA dan seleksi tahap kedua yang dilakukan sesuai prosedur penerimaan mahasiswa baru oleh IPB.

"Informasi ini sesuai hasil seleksi tahap II yang telah dilakukan IPB, Jalur Beasiswa Utusan Daerah Tahun 2023 sesuai surat Nomor 20111/IT3.D1/TM.00.09/M/B/2023 tanggal 3 Juli 2023, pelamar yang dinyatakan lolos seleksi sebagai calon mahasiswa baru IPB, sebagaimana terlampir di website," ucap Ketua BP-BKT Iman Hidayat, di Samarinda, Senin.

Iman berharap bagi peserta yang sudah dinyatakan lolos segera melakukan registrasi, sesuai jadwal yang telah ditentukan dalam format diberikan Tim BUD. "Ikuti persyaratan yang telah disampaikan," harap Iman.

Menurut Iman, mereka yang terpilih diharapkan mampu mengabdi untuk daerah di masa depan. Sesuai arahan dan keinginan Gubernur Kaltim Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi.

Baca juga: Pemprov alokasikan Rp375 miliar untuk Beasiswa Kaltim Tuntas 2023
Baca juga: Gubernur Kaltim beri kemudahan calon dokter spesialis dapat beasiswa


Adapun peserta yang dinyatakan lolos BUD kerja sama Pemprov Kaltim dengan IPB tahun anggaran dan ajaran 2023, yakni Adji Nabila Khairunisa asal SMAN 2 Samarinda, Disa Shafira Auliandini SMAN 2 Sangatta Utara, Dwi Harianto SMA Negeri 2 PPU, M Aditya Rahman MAN Insan Cendekia Paser, Muh Andhika Putra Rizqi SMAN 10 Samarinda,

Selanjutnya, Muhammad Athaya Alwidad MAN Insan Cendekia Paser, Muhammad Irfan Faridz Al Farouq SMA Negeri 3 Samarinda, Shafia Rahma Hapsari MAN Insan Cendekia Paser, Sigit Dwi Hastanto SMAN 2 Balikpapan Utara dan Surya Adi Kusuma SMAN 4 PPU.

Diketahui pada tahun 2023 ini, Pemprov Kaltim membuka program beasiswa utusan daerah (BUD) bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Ada total delapan program studi S-1 di IPB yang dibuka melalui kerja sama ini. Kuota penerima yang tersedia sebanyak 10 orang," katanya.

Delapan program studi tersebut diantaranya Arsitektur Landscape dengan kuota 2 orang, Kedokteran Hewan untuk 1 orang, Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap untuk 1 orang, Teknologi Produksi Ternak untuk 1 orang, Ilmu Gizi untuk 1 orang, Teknologi Pangan untuk 1 orang, Teknologi Industri Pertanian untuk 1 orang dan jurusan Ekowisata untuk 2 orang.

Pada seleksi tahap pertama berdasarkan nilai rapor, sebanyak 20 siswa dinyatakan lolos, dan kemudian pada seleksi selanjutnya oleh IPB, hanya 10 siswa yang dinyatakan lolos seleksi.

Baca juga: Kemenkes: Putra daerah menjadi prioritas PPDS-Subspesialis dan KKLP
Baca juga: PKT salurkan beasiswa dukung peningkatan pendidikan daerah
Baca juga: ITB terima mahasiswa baru lewat beasiswa program dukungan daerah 3T

 

Pewarta: Arumanto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023