Mataram (ANTARA) - Universitas Mataram (Unram) menjalin kerja sama dengan Shangrao Normal University (SNU) China untuk mendirikan Mandarin Center di perguruan tinggi negeri (PTN) di Nusa Tenggara Barat itu.

Rektor Unram Prof Bambang Hari Kusumo mengatakan kerja sama antara pihaknya dengan salah satu universitas terkemuka di China itu sangat penting. Pasalnya, pihaknya berencana mendirikan Mandarin Center di Unram.

"Dengan adanya Mandarin Center, kita dapat melakukan banyak hal, seperti pelatihan Bahasa Mandarin, pertukaran staf dan mahasiswa, kerja sama penelitian, dan banyak kegiatan lain," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Senin.

Baca juga: Unram dan Murdoch University Australia kerja sama riset dan akademik

Penandatanganan MoU antara Unram dan SNU China itu disaksikan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi Unram Prof Akmaluddin dan Kepala Kantor Urusan Internasional Unram Prof Dahlanuddin

Prof Bambang menjelaskan adanya potensi pariwisata yang dimiliki oleh NTB, tentunya hal tersebut akan dapat membantu program pemerintah daerah untuk mendatangkan wisatawan China ke NTB.

Oleh karena itu, kata dia, penyusunan profil pariwisata NTB melalui Mandarin Center akan membantu wisatawan China yang akan berkunjung ke NTB.

"Pembelajaran Bahasa China, nantinya difasilitasi melalui Mandarin Center akan menjadi sangat penting, baik untuk mahasiswa maupun pemandu wisata," katanya.

Baca juga: Unram-UPNVY kolaborasi mengembangkan universitas demi kemajuan bersama

Ia mengatakan pasca-adanya MoU itu, proyeksi kunjungan turis China ke Lombok akan sangat banyak. Oleh karena itu, Unram selaku lembaga pendidikan harus mampu membantu menyiapkan sumber daya manusia lokal. Salah satunya, tour guide yang bisa berbahasa Mandarin.

"Di situ, jelas akan terjadi interaksi antara mahasiswa Unram dan SNU China. Untuk itu, cara pembelajaran Bahasa China sudah akan kita siapkan," ucapnya.

Ia mengemukakan Mandarin Center akan ditetapkan secara resmi pada bulan September mendatang bertepatan dengan kunjungan balasan dari SNU ke Unram.

Mandarin Center di Unram akan menjadi yang ke-9 dari pusat sejenis yang telah dibangun di berbagai universitas di Indonesia.

Baca juga: Unram dan UIN Mataram kerja sama dengan Universitas Beijing

Prof Bambang menambahkan bahwa Rektor SNU melihat Unram sebagai wilayah yang memiliki potensi pariwisata karena mereka memiliki keunggulan dalam bidang pariwisata dan sangat berpengalaman dalam mengelola pariwisata pegunungan.

"Unram dilirik oleh SNU di samping kualitas yang dimiliki, Unram beruntung berada di wilayah yang menjadi kawasan pariwisata super prioritas nasional," katanya.
 

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023