Identitas kependudukan digital ini kita sosialisasikan untuk seluruh kalangan baik masyarakat umum maupun mahasiswa
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mendatangi kampus guna melayani pemohon identitas kependudukan digital melalui program 'Dukcapil Goes to Campus'.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan pada Disdukcapil Kabupaten Bekasi Achmad Syarief mengatakan 'Dukcapil Goes to Campus' merupakan bagian dari program Siap Melayani Mudah Prosesnya (Simpro) dengan tujuan memudahkan penerapan identitas kependudukan digital masyarakat terutama kalangan mahasiswa.

"Identitas kependudukan digital ini kita sosialisasikan untuk seluruh kalangan baik masyarakat umum maupun mahasiswa," katanya di Universitas Pelita Bangsa Bekasi, Senin.

Dia mengatakan, pelayanan jemput bola ini melibatkan 15 personel Disdukcapil Kabupaten Bekasi yang membuka gerai di lingkungan kampus mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai pada hari-hari tertentu yang telah dijadwalkan.

"Untuk di kampus ini kita meluangkan waktu pekan ini. Nanti di Hari Kamis dan Minggu. Kita sudah koordinasi dengan pihak kampus karena menurut pihak kampus mahasiswa yang banyak ada di hari tersebut," katanya.

Syarief menyebutkan, manfaat memiliki identitas kependudukan digital adalah mempermudah dan mempercepat transaksi pelayanan privat ataupun publik dalam bentuk digital, serta mengamankan kepemilikan identitas digital melalui sistem otentifikasi untuk mencegah pemalsuan data.

"Sejauh ini kita sudah menjangkau kurang lebih 600 mahasiswa. Dengan target menurut informasi dari pihak kampus sebanyak 12.000 mahasiswa. Keinginan kita, semua bisa registrasi. Cuma kembali lagi kepada respon dari rekan-rekan mahasiswa sendiri maupun pengajar yang ada di sini," ucapnya.

Ia mengimbau segenap mahasiswa Universitas Pelita Bangsa segera melakukan registrasi identitas kependudukan digital dengan langsung mendatangi gerai, khusus di lingkungan kampus karena memiliki manfaat vital di kemudian hari.

Sementara itu, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa Indra Permana mengapresiasi program Dukcapil Goes to Campus dari Disdukcapil Kabupaten Bekasi karena dinilai sangat membantu dan memudahkan mahasiswa mengaktivasi identitas kependudukan digital.

"Program ini semoga bisa diteruskan supaya program ini terus sukses dan lancar serta berjalan sesuai harapan dari disdukcapil sendiri," kata dia.

Baca juga: Disdukcapil: Aktivasi identitas kependudukan digital bisa sistem IOS
Baca juga: UNFPA-BKKBN luncurkan Laporan SWP respons perubahan demografi dunia
Baca juga: Ditjendukcapil ajak mahasiswa aktivasi identitas kependudukan digital


Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023