Makassar (ANTARA) - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Bima Arya mengapresiasi megahnya kegiatan Youth City Changers yang merupakan rangkaian dari Rakernas Apeksi XVI Makassar.

"Ini adalah rangkaian kegiatan dari Rakernas Apeksi XVI. Youth City Changers yang dilaksanakan tahun ini jauh lebih megah dan meriah dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya," ujarnya saat pembukaan di Kabupaten Maros, Sulsel.

Bima Arya yang juga Wali Kota Bogor itu mengatakan perwakilan pemuda dari 50 kota di Indonesia dan Singapura sebagai salah satu bentuk besarnya minat dan harapan pemuda terhadap kegiatan tersebut.

Ia menyatakan jika pelaksanaan Youth City Changers pertama pada 2022 di Padang hanya diikuti oleh delegasi dari 20 kota di Indonesia.

"Youth City Changers pertama itu di Padang, tahun lalu. Pesertanya yang hadir hanya 20 delegasi dari berbagai kota di Indonesia, tapi di Makassar ini ada perwakilan 50 kota," katanya.

Menurut dia, pemuda yang mengikuti Youth City Changers merupakan orang-orang pilihan. Anak muda yang siap berkolaborasi bersama pemerintah kota untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Yang kita undang di sini adalah anak-anak muda yang punya visi, anak-anak muda yang siap berada di depan menjadi bagian dari solusi, bukan generasi nasi bungkus," terang dia.

Bima Arya menyampaikan kebanggaannya terhadap peran anak-anak muda terhadap Indonesia. Pemuda yang mempunyai gagasan dan idealisme yang siap berkolaborasi dengan pemerintah kota.

"Tahun lalu kami bangga banget menyaksikan anak-anak muda yang sangat berani, kreatif, charming, inovatif, dan bisa bersama-sama melakukan kolaborasi dengan pemerintah kota," tuturnya.

Kata Bima Arya, ada dua hal yang membuat kota semakin maju. Keduanya yaitu inovasi dan kolaborasi. Sebab dalam membangun sebuah kota, pemerintah tidak bisa sendiri dan perlu kolaborasi dengan pemuda.

"Semua kota yang maju pasti punya dua hal itu. Kalau kota itu bisa terus beradaptasi untuk hal-hal baru maka kota itu akan menjadi pemenang," ungkapnya

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada delegasi pemuda yang hadir di Youth City Changers Rakernas Apeksi XVI yang kedua di Kota Makassar.

Ucapan itu juga Bima Arya sampaikan kepada Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto sebagai tuan rumah karena telah menyiapkan tempat yang nyaman dengan konsep camping untuk mendekatkan pemuda berbagai kota di Indonesia.

"Mudah-mudahan dua hari ini teman-teman akan menambah wawasan untuk menjemput Indonesia Emas 2045," harap Bima Arya.
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023