Live shopping melalui fitur Shopee Live di kampanye 7.7 memberikan pengalaman belanja yang interaktif bagi pengguna dan tentunya peluang baru bagi pelaku usaha untuk meningkatkan performa bisnisnya.
Jakarta (ANTARA) - Kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale berhasil mencatatkan pencapaian baru dengan menghadirkan ruang dan peluang yang lebih besar bagi para pengguna.

Promo live beauty dan fashion terbesar hingga puncak kampanye pada 7 Juli lalu mendapatkan respon yang positif, terlebih akan kemeriahan sesi live shopping melalui Shopee Live yang menjadi opsi belanja interaktif yang paling favorit untuk pengguna.

Antusiasme itu terlihat dari peningkatan transaksi melalui Shopee Live pada puncak kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale yang mencapai hingga 12 kali lipat dibandingkan hari biasa.

“Kami sangat senang fitur Shopee Live dapat diterima dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Tidak hanya untuk menonton rangkaian hiburan tetapi kini juga menjadi cara belanja baru yang semakin diminati khususnya pada kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale," ujar Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna dalam keterangannya, Selasa.

Shopee juga melihat bahwa fitur live shopping itu mendapatkan respon yang positif dari para pelaku usaha yang sangat bersemangat dalam memanfaatkan Shopee Live sebagai wadah pemasaran dan penjualan yang bisa meningkatkan performa bisnis, serta menciptakan kedekatan personal kepada para konsumennya.

"Fakta ini membangkitkan komitmen kami untuk kedepannya bisa terus memajukan industri live streaming di Indonesia dengan menghadirkan berbagai inovasi dan inisiatif yang memberikan manfaat bagi seluruh ekosistem Shopee," kata Monica.

Peluang baru

Live shopping melalui fitur Shopee Live di kampanye 7.7 memberikan pengalaman belanja yang interaktif bagi pengguna dan tentunya peluang baru bagi pelaku usaha untuk meningkatkan performa bisnisnya.

Belanja lewat Shopee Live memungkinkan komunikasi dua arah antara pembeli dan penjual secara real-time sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi dan pemasaran menarik yang dapat membantu keputusan pembelian.

Pengguna pun juga dapat menikmati konten menarik dari penjual dan melihat produk yang yang ingin dibeli dengan lebih detail dan informatif.

Baca juga: Shopee promo besar-besaran di Shopee Live, semua diskon 50 persen

Berbagai kemudahan itu sangat diminati oleh pengguna, di mana jumlah pembeli melalui Shopee Live di puncak kampanye 7.7 pun ikut meningkat hingga 10 kali lipat dibandingkan hari biasa. Dampak positif yang sama juga turut dirasakan oleh penjual melalui kampanye 7.7 kali ini, dimana para penjual telah berhasil mempromosikan 2 juta produknya melalui keranjang orange Shopee Live di puncak kampanye yang mendorong peningkatan penjualan di tokonya.

Menariknya, kategori fashion dan beauty menjadi kategori favorit dan paling banyak dicari dengan peningkatan transaksi melalui Shopee Live yang signifikan.

Dengan kemudahan untuk berinteraksi dan mendapatkan review produk dengan lebih detail, Shopee mengamati tren live shopping untuk kategori fashion dan beauty, seperti; ketika berbelanja produk kecantikan di Shopee Live, pengguna tidak lagi bingung dalam menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kemudahan untuk memastikan makeup shades yang sesuai dengan warna kulit maupun kandungan produk, kini bisa ditunjukkan oleh para penjual melalui sesi live shopping. Hal ini menjadikan moisturizer, lipstik, dan foundation sebagai produk favorit pengguna ketika belanja kategori kecantikan di Shopee Live.

Selain itu, mencari pakaian dan aksesoris dengan ukuran yang tepat menjadi mudah dengan adanya live shopping di Shopee Live. Tas, Sepatu, dan Kemeja menjadi produk fashion yang paling banyak dibeli lewat live shopping.

Kampanye 7.7 diinisiasi untuk menjawab animo masyarakat akan live shopping lewat fitur Shopee Live sebagai cara belanja online yang mudah dan menyenangkan.

Tayangan Shopee Live juga menjadi sumber hiburan yang menemani aktivitas sehari-hari pengguna karena beragam bentuk dan tema dari sesi Shopee Live yang disediakan oleh para penjual pun dapat dinikmati oleh pengguna sepanjang hari.

Baca juga: Orang-orang suka belanja saat gelaran "live streaming"

Salah satu pencapaian yang sangat spesial, Raffi Ahmad menjadi top streamer pada puncak kampanye di 7 Juli lalu dan berhasil mencatatkan rekor penjualan tertinggi di Shopee Live.

Sesi Shopee Live selama 12 jam nonstop bersama Raffi Ahmad di TokoPapaRaffi menjadi favorit pengguna dan mendapatkan antusiasme besar dengan total transaksi hingga 7 milyar.

Selain TokoPapaRaffi, banyak streamer dan penjual lainnya yang memanfaatkan Shopee Live di puncak kampanye dan merasakan respon luar biasa hingga dapat meningkatkan penjualan harian mereka mencapai lebih dari 50 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Beberapa penjual, seperti The Originote, SKINTIFIC, Maybelline Indonesia, dan lainnya pun berhasil menjadi top streamer di Shopee Live dengan peningkatan transaksi yang signifikan.

“Kampanye dan fitur yang ada di Shopee merupakan langkah kami dalam memenuhi berbagai preferensi belanja masyarakat. Kami berterima kasih atas kepercayaan pengguna dan penjual pada kampanye 7.7 kali ini, serta berharap dapat terus melayani masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan mereka melalui fitur dan inovasi yang kami miliki,” kata Monica.

Menjawab permintaan pengguna akan live shopping, Shopee juga kembali menghadirkan penawaran terbaik untuk pengguna yang berbelanja lewat Shopee Live dan menikmati promo Shopee Live, Semua Diskon 50 persen. Tiap harinya, pengguna dapat membeli berbagai produk dari brand dan mitra penjual terpercaya di Shopee Live dengan harga paling murah di Shopee.

Baca juga: Nyaman dan cuan, alasan penjual tidak pindah dari Shopee

Baca juga: Shopee Indonesia kampanyekan "7.7 Shopee Live Bombastis Sale"

Baca juga: Shopee Live jadi fitur "live streaming shopping" paling populer

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023