Jakarta (ANTARA) - Salah satu pendiri jenama produk kosmetik dan perawatan kulit wajah asal Indonesia Rosé All Day Cosmetics (RADC) Cindy Nyoto Gunawan mengatakan sebagian orang saat ini suka berbelanja saat sebuah merek atau perusahaan produk tertentu menggelar siaran langsung atau live streaming.

"Orang lebih suka live shopping di mana ada orang yang jawab pertanyaan mereka live," ujar dia dalam Webinar Seller Story 7.7 Shopee Live Bombastis Sale, Rabu.

Menurut Cindy, saat menonton siaran langsung, orang-orang juga cenderung tak lama berpikir sebelum memutuskan membeli produk yang dilihat.

Baca juga: Shopee Indonesia kampanyekan "7.7 Shopee Live Bombastis Sale"

"Kalau email, WhatsApp, atau media sosial mungkin ada time untuk dijawab. Tetapi kalau live, mereka tanya, konsultasi, live streamer-nya akan jawab pertanyaan, orang itu suka. Mereka mikirnya enggak lama langsung check-out," kata dia.

Cindy termasuk yang melihat kenaikan angka penjualan produk perusahaannya melalui sistem live streaming ini, walau tak menyebut detil angka kenaikan yang dimaksud.

Melihat fakta ini, dia dan tim yang bergabung dengan e-commerce Shopee sejak tahun 2018 itu sejak awal tahun 2023 memperkerjakan presenter khusus saat siaran langsung digelar atau live streamer in house.

"Live streamer in house yang benar-benar live streaming terus di kantor. Targetnya untuk menyajikan live shopping 24 jam. Sekarang masih office hour," tutur dia yang berkomitmen terus mengembangkan program-program selama siaran langsung.

Diskon dan promo-promo seperti flash sale saat live streaming juga biasanya berbeda dengan yang ditawarkan di toko luring

Kemudian, berbicara produk yang biasanya paling banyak diborong selama gelaran live streaming, Cindy menyebut Skin Tint, concealer, maskara dan produk untuk bibir.

Baca juga: Pedagang sebut tren berjualan "online" di Tiktok mulai menurun

Baca juga: Kiat agar UMKM mampu gaet pembeli lewat "live streaming"

Baca juga: Tips tingkatkan penjualan lewat "live streaming"

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023