Pastikan bahwa konten dan topik bahasan sesuai
Jakarta (ANTARA) - Berjualan online secara live streaming kian digemari, salah satunya karena menawarkan pengalaman yang interaktif antara penjual dengan pembeli.

Wakil Direktur Pemasaran Konten di Tokopedia Nirmala Hapsari dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat, menilai fitur live streaming mereka, Tokopedia PLAY, adalah inovasi untuk menjawab kebutuhan social commerce.

"Tokopedia PLAY memberikan nilai tambah bagi strategi pemasaran digital para penjual, mulai dari memberikan peluang promosi dan membangun awareness hingga meningkatkan engagement toko. Penjual juga dapat berkolaborasi dengan kreator konten untuk menarik lebih banyak calon pembeli," kata Nirmala,

Baca juga: Blibli kembangkan potensi mitra penjual lewat kolaborasi

Berdasarkan data internal Tokopedia, jumlah transaksi penjual rata-rata pada semester I 2023 naik lebih dari tujuh kali lipat setelah berjualan menggunakan fitur live streaming dibandingkan periode yang sama pada 2022. Sejumlah penjual bahkan mengalami rerata kenaikan transaksi lebih dari 60 kali lipat selama semester I 2023 karena menggunakan fitur tersebut, dibandingkan semester I 2022.

"Artinya, jumlah transaksi penjual yang menggunakan Tokopedia PLAY memang konsisten naik sangat tinggi sepanjang periode," kata Nirmala.

Tokopedia membagikan lima tips mendatangkan cuan dari berjualan secara live streaming.

1. Tempat khusus dan alat yang memadai

Agar jualan live streaming terlihat profesional, penjual bisa menggunakan alat yang memadai berupa ponsel, tripod dan mikrofon clip-on. Cari latar belakang yang polos dan bersih dan pencahayaan yang terang supaya wajah penjual dan produk terlihat jelas.

Jika perlu, penjual bisa menggunakan lampu tambahan supaya pencahayaan cukup.

Baca juga: Enam tips maksimalkan potensi penjualan di era digital

2. Pengalaman interaktif

Salah satu keunggulan live shopping adalah pengalaman komunikasi yang lebih interaktif antara penjual dengan calon pembeli. Oleh karena itu, sebaiknya penjual aktif berkomunikasi dan menanggapi setiap pertanyaan atau komentar dari calon pembeli.

"Pastikan bahwa konten dan topik bahasan sesuai dengan kategori produk yang dijual. Misal, untuk produk fesyen, penonton cenderung ingin mengetahui kualitas serta tampilan dari produk tersebut," kata Nirmala.

Salah satu contoh konten untuk fesyen adalah cara pakai atau padu padan busana untuk meningkatkan interaksi dengan calon pembeli.

3. Penawaran khusus live streaming

Supaya konsumen tertarik mengikuti live streaming dan membeli produk, penjual bisa memberikan diskon khusus atau bagi-bagi hadiah yang hanya bisa didapatkan ketika mengikuti sesi tersebut.

Beberapa live streaming yang populer di Tokopedia PLAY pada semester I 2023 antara lain bagi-bagi hadiah gawai, siaran langsung bersama influencer sampai diskon.

Baca juga: Kemen PPPA ungkap literasi digital penting bagi perempuan pelaku UMKM

4. Live streaming rutin dan promosi di media sosial

Untuk membangun audiens dan loyalitas pelanggan, penjual perlu menjadwalkan jualan live streaming yang rutin, umumnya 1-2 kali dalam seminggu supaya produk atau toko diingat konsumen.

Setelah mengatur jadwal, promosikan juga jualan live streaming di Tokopedia Feed dan media sosial, buat judul konten dan cover banner yang menarik supaya konsumen mau menonton dan membeli produk.

5. Evaluasi performa live streaming

Setelah sesi live streaming selesai, jangan lupa untuk melakukan evaluasi supaya kegiatan berikutnya semakin optimal. Tokopedia misalnya memiliki fitur Wawasan Video untuk melihat jumlah penonton, produk yang dilihat, produk yang ditambahkan ke keranjang, produk terjual dan estimasi pendapatan.

Baca juga: Simak strategi dagang yang dapat diterapkan UMKM di masa endemi

Baca juga: Tips sukses berjualan daring dari pakar komunikasi

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023