Jakarta (ANTARA) - Para penyanyi papan atas di Indonesia mulai dari Tantri KOTAK, Budi Doremi, hingga Rizky Febian berbagi kiat untuk bisa tampil maksimal dan percaya diri saat harus bernyanyi di depan umum.

"Pastikan latihan dulu, hafal nada dan liriknya. Minimal tahu makna lagunya. Tantangan terbesar itu, jadi persiapan harus matang banget. Nervous pasti ada di setiap penampilan tapi dengan latihan itu sudah jadi kunci untuk menampilkan nyanyian yang bagus," kata Tantri KOTAK dalam konferensi pers daring, Selasa.

Menurut Tantri ketika sudah memahami makna dari lirik lagu yang dibawakan nantinya saat bernyanyi maka akan tercipta penjiwaan dan menyempurnakan penampilan.

Pelantun "Beraksi" itu pun menambahkan jika anda menyanyi langsung untuk siaran langsung, maka pastikan juga kondisi suasana sekitar.

Baca juga: Tantri KotaK mengaku tak merasa tersaingi dengan "musik senja"

Baca juga: Penonton bayar pakai bibit tanaman untuk tiket konser Budi Doremi


Pastikan tidak ada suara lain yang akan mendominasi seperti suara jalan atau lingkungan sekitar, dengan demikian anda bisa menyanyi dengan penuh persiapan dan lebih percaya diri.

Budi Doremi kemudian menambahkan bahwa untuk tampil percaya diri saat bernyanyi langsung di depan publik, ada baiknya penyanyi tidak mengejar kesempurnaan.

"Jangan terlalu perfeksionis lah, lakukan saja yang bisa dilakukan karena yang menilai nanti adalah penontonnya. Kadang kalau ingin suaranya terdengar bagus banget akhirnya lupa sama penjiwaan. Ingin penjiwaannya bagus, akhirnya lupa sama liriknya, ini sering terjadi akhirnya bikin down," kata pria yang menciptakan "Melukis Senja" itu.

Ia juga menambahkan agar bisa tampil percaya diri saat menyanyi langsung, ada baiknya penyanyi memilih lagu yang benar-benar dikuasai-nya dan tidak ikut-ikutan tren.

Dengan demikian penyanyi bisa tampil lebih santai dan suaranya bisa lebih menarik untuk dinikmati.

Terakhir, Rizky Febian yang terkenal dengan lagu-lagu hitsnya seperti "Kesempurnaan Cinta" hingga "Mantra Cinta" menyarankan agar seorang penyanyi butuh istirahat yang cukup agar penampilannya prima saat berada di sebuah panggung.

"Ya sesudah persiapan cukup, untuk nyanyi PD harus fokus, jangan memikirkan hal-hal lain di luar itu. Perlu juga didukung istirahat cukup, makan terserah bebas sih tapi jangan lupa asupan air putihnya juga harus cukup," ujarnya.

Baca juga: Rizky Febian luapkan rasa rindu tampil langsung di hadapan penonton

Baca juga: Budi Doremi hilangkan penat dengan jalan-jalan

Baca juga: "Aminlah Bersamaku" karya teranyar Rizky Febian

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023