Jakarta (ANTARA) - Pada Selasa (11/7), pemerintah dan DPR menyepakati pengesahan Undang-Undang (UU) tentang Kesehatan serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengingatkan ancaman perubahan iklim terhadap ketahanan pangan.

Selain itu, ada warta mengenai rencana penyelenggaraan pertemuan komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT), pengusulan Kubah Bayah menjadi taman bumi nasional, dan upaya pencapaian target SDGs yang dapat disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

Menteri Kesehatan: UU Kesehatan sederhanakan perizinan praktik medis

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa Undang-Undang (UU) tentang Kesehatan pada prinsipnya menyederhanakan perizinan praktik medis, memungkinkan pengurusan izin praktik tenaga medis yang lebih mudah, cepat, dan sederhana.

Kepala BMKG: Perubahan iklim dapat ancam ketahanan pangan

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengingatkan bahwa perubahan iklim dapat mengancam ketahanan pangan. "FAO bahkan memprediksi tahun 2050 mendatang dunia akan menghadapi potensi bencana kelaparan akibat perubahan iklim, sebagai konsekuensi dari menurunnya hasil panen dan gagal panen," katanya.

MUI ingatkan pemerintah untuk larang pertemuan LGBT

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengingatkan pemerintah untuk melarang penyelenggaraan pertemuan komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) se-ASEAN di Jakarta.

Kubah Bayah diusulkan menjadi taman bumi nasional

Pemerintah Provinsi Banten segera mengusulkan Taman Bumi Kubah Bayah di Kabupaten Lebak menjadi taman bumi nasional ke Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI). Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar menandatangani surat rekomendasi penetapan Taman Bumi Kubah Bayah sebagai taman bumi nasional sebagai bagian dari upaya mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

Pencapaian SDGs tahun 2030 butuh kolaborasi lintas negara

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menyatakan bahwa upaya pencapaian tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) pada 2030 membutuhkan kolaborasi lintas negara.
 
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023