Gianyar, Bali (ANTARA) - Tim kesehatan klub sepak bola Bali United masih melakukan observasi terhadap kesehatan Elias Dolah meski saat ini kondisinya semakin membaik setelah terjadi benturan di kepala saat melawan Borneo FC di Samarinda, Sabtu (8/7).

"Dolah saat ini sudah jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Hanya saja memang masih harus di observasi bagian di kepala sesuai standar dari FIFA," kata dokter tim Bali United Ganda Putra di Gianyar, Bali,

Untuk itu, pemain jangkung dengan tinggi 195 centimeter itu pun harus absen dari latihan di Pemusatan Latihan Bali United di Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar, Bali, karena harus istirahat.

Dokter asal Palembang itu berharap kondisi pemain belakang itu semakin bagus meski memang masih ada beberapa tahapan yang harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut karena memang cedera yang dialami berada di bagian kepala.

Baca juga: Pelatih: Elias Dolah pelajari taktik Bali United jelang Liga 1

Tim dokter, kata dia, menindaklanjuti pemeriksaan kesehatan sesuai standar Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) yakni teknik analisis secara sistematis (Systematic Cause Analysis Technique/SCAT5).

SCAT 5, kata dia, dilakukan melalui beberapa pemeriksaan standar FIFA untuk mengevaluasi kasus cedera kepala.

"Kondisi sebenarnya masih 50:50 dan saya masih harus tindak lanjuti kondisi dia (Elias Dolah). Mudah-mudahan hasilnya bagus dan dia bisa bermain melawan Madura United," ujarnya.

Elias mengalami insiden pada akhir babak kedua melawan Borneo FC yakni kepalanya kena tendang oleh Silverio Junio saat momentum tendangan bebas.

Tidak lama setelah kejadian, Elias Dolah harus dibawa keluar lapangan menggunakan tandu dan harus dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: Elias Dolah absen latihan setelah alami benturan saat hadapi Borneo FC

Setelah pertandingan berakhir yang dimenangkan Borneo FC dengan skor 3-1 atas Bali United, Elias mengeluh nyeri pada kepala dan pandangan kabur.

"Sempat ada pendarahan aktif dan sudah berhenti. Selesai pertandingan Dolah mengeluh nyeri pada kepala dan pandangan kabur. Sudah dilakukan CT Scan dan tidak ada pendarahan pada otak dan tidak ada tulang yang patah," imbuh dr Ganda Putra.

Bali United akan memulai perjuangan di laga pekan ketiga BRI Liga 1 2023/2024.

Pekan ketiga Bali United akan menghadapi Madura United FC pada Sabtu (15/7) malam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Baca juga: Bali United tekankan evaluasi individu-tim jelang hadapi Madura United

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023