AwanPintar itu menempatkan sensor-sensor di jaringan Indonesia yang kita pandang cukup representatif
Jakarta (ANTARA) -
PT Prosperita Sistem Indonesia menghadirkan platform cloud security engine AwanPintar.id yang memiliki kemampuan mendeteksi ancaman serangan siber.
 
Dengan sensor yang berada di jaringan nasional Indonesia, AwanPintar.id mendeteksi ancaman di Indonesia, baik dari luar Indonesia maupun dari dalam negeri.
 
Sensor AwanPintar bersifat pasif dan mandiri, yang berarti sebagai sensor akan menerima masukan yang berupa serangan dari seluruh dunia yang diarahkan ke tiap sensor secara spesifik.
 
Sensor AwanPintar tidak memerlukan teknologi yang bersifat pemantauan seperti SPAN/Port Mirroring, NetFlow, IPFIX, sFlow atau jFlow sehingga terhindar dari kemungkinan pengumpanan data secara sengaja.

Baca juga: MBT CTI sediakan solusi keamanan siber berkolaborasi dengan Stellar
 
Sebaran sensor di jaringan internet Indonesia dilakukan untuk melakukan sampling dari banyak IP dari beragam AS Number agar mendapatkan distribusi data yang komprehensif.
 
"AwanPintar itu menempatkan sensor-sensor di jaringan Indonesia yang kita pandang cukup representatif, dari situ kita mau melihat sebenarnya ada apa di jaringan Indonesia itu sendiri," kata Founder AwanPintar.id, Yudhi Kukuh, dalam acara perilisan Laporan Semester 1 tahun 2023: Indonesia Waspada Kenali Ancaman Digital di Indonesia di Karet Kuningan, Jakarta Selatan pada Rabu.
 
Mengandalkan sensor, machine learning dan kecerdasan buatan, AwanPintar.id melakukan deteksi terhadap aktivitas yang mencurigakan dalam lalu lintas jaringan, seperti serangan DDoS, peretasan, dan eksploitasi pada aplikasi atau sistem yang rentan.
 
Analisis data besar yang dipakai untuk menganalisis lalu lintas jaringan secara real-time. Hasil serangan dapat dilihat secara nyata dan terus diperbarui pada peta serangan.
 
AwanPintar.id juga menyediakan sensor yang dapat digunakan pada jaringan korporasi yang memerlukan agar data ancaman dapat dianalisa dan ditampilkan untuk keperluan SOC atau CSIRT korporasi.
 
Selain itu, disediakan pula aplikasi berbasis WEB dan RESTful API yang dapat digunakan untuk memperkuat pertahanan digital seperti file scanning, file analytic, IP Intelligence, IP Hunting, CVE Hunting serta fasilitas lain yang berkaitan.

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023