Kalian bisa memulai bisnis lewat konten, atau bisnis afiliasi yang mengembangkan produk membutuhkan orang tetapi kalian yang memasarkan
Makassar (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraft) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan motivasi kepada ratusan milenial di Kota Makassar untuk menjadi wirausaha muda.

Sandiaga memotivasi para kawula muda yang hadir pada Pelatihan Digital Entrepreneur untuk Generasi Muda Sulawesi Selatan di Kota Makassar, Rabu

"Sekarang sudah ada internet, jadi kalian harus meningkatkan literasi digital. Ini juga sesuai G20 kesetaraan literasi," kata dia.

Sandiaga mengemukakan bahwa generasi baru atau Gen Z sangat dekat dengan ekonomi digital dan pemerintah siap memberikan dukungan.

Ia juga berkisah bahwa dulu dia memulai usaha dengan 3 karyawan dan sekarang menjadi 300 ribu karyawan. Apalagi saat sekarang yang dipermudah dengan digitalisasi.

Baca juga: Menparekraf pusatkan kunjungan Desa Wisata Sulsel di Lantebung

Baca juga: Menparekraf: ITIF menjadi wadah diskusi peluang pariwisata Indonesia


Maka dia pun mengajak para entrepreneur muda menjadi digital entrepreneur, yakni mengembangkan produk melalui digital marketing.

Hal ini bukan tanpa alasan, Sandiaga menyebut bahwa dari 275 juta pendudukan Indonesia, 210 juta di antaranya menggunakan internet. Sedangkan sebanyak 370,1 juta perangkat seluler dan 191 juta pengguna aktif di media sosial.

"Kalian bisa memulai bisnis lewat konten, atau bisnis afiliasi yang mengembangkan produk membutuhkan orang tetapi kalian yang memasarkan lewat teknologi digital," ujar Sandiaga.

Ia juga mengajak para milenial untuk memiliki visi global, yakni menvisualisasikan cara pengembangan bisnis daring secara global dan menjangkau skala.

Salah satu peserta bernama Nur Wahyu Ilahi mengatakan bahwa kegiatan pelatihan oleh Sandiaga Uno sangat dibutuhkan oleh generasi Z sebagai bahan motivasi berwirausaha.

"Kegiatan ini sangat luar biasa karena mampu memacu motivasi untuk berwirausaha," kata dia.

Betapa tidak, Gen Z juga dianggap sebagai gen rebahan yang selalu ingin instan. Sehingga membutuhkan motivasi yang lebih baik. Maka forum seperti ini sangat dibutuhkan agar mampu menghadirkan fikiran dan wirausaha yang handal.

Nur Wahyu Ilahi memiliki bisnis dalam bidang start up bernama Aswah.id yang menawarkan hadiah, seperti hampers, buket bunga dan hadiah lainnya.

Baca juga: Menparekraf: Januari-Mei 2023 wisman ke Bali 4,25 juta kunjungan

Baca juga: Menparekraf resmikan Jababeka Movieland destinasi wisata berbasis film
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat memotivasi ratusan milenial jadi wirausaha muda di Makassar, Sulsel, Rabu (12/07/2023). ANTARA/Nur Suhra Wardyah

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023