F8 semakin menjadi daya tarik wisata
Makassar (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraft) Sandiaga Uno mengapresiasi gelaran F8 Kota Makassar sebagai festival seni dan budaya yang menyajikan atraksi kelas dunia.

"Kian hari, F8 semakin menjadi daya tarik wisata, jadi atraksi kelas dunia yang tentunya inilah yang ingin kita tampilkan," kata Sandiaga usai membuka secara resmi giat F8 di Pantai Losari Makassar, Rabu.

F8 merupakan festival seni, budaya, dan hiburan yang terdiri dari delapan kegiatan yang dimulai dengan huruf F yaitu food, flower, fashion, film, fiction writer, fussion jazz, folk, dan fine art.

F8 sebagai salah satu kegiatan yang telah tercatat dalam Kalender Event Nusantara (KEN) Kemenparkraft dipusatkan di area Pantai Losari Makassar pada 23-27 Agustus 2023.

Event akbar Kota Daeng ini akan menyajikan berbagai pertunjukan seni budaya, menampilkan karya berbagai desainer, serta penampilan musik dari sejumlah grup musik ibu kota.

"Kami berharap kota di Indonesia dapat terinspirasi dari Kota Makassar. Jika setiap kota memiliki festival seperti ini, maka kita bisa membuat the best waterfront in the world," tambah Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga apresiasi F8 yang semakin inovatif gerakkan pariwisata
Baca juga: Tiga jet Sukhoi dan 10 penerjun meriahkan pembukaan Makassar F8


Sandiaga juga berharap agar F8 bisa mendorong terciptanya ruang usaha dan lapangan kerja. Terkhusus pula pada peningkatan wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara sebab F8 dinilai mampu membangkitkan ekonomi.

Pada kesempatan ini sejumlah Konsulat Jenderal sejumlah negara turut hadir seperti Australia, Amerika, Jepang, Malaysia dan Jerman.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menyebut F8 menjadi sajian kolaborasi seni dan budaya yang tidak hanya mewakili Makassar dan Indonesia. Tetapi sebagai interpretasi dari ASEAN, karena menghadirkan berbagai fashion desainer dari negara-negara ASEAN.

"Semoga F8 bisa meningkatkan sektor perekonomian dan pariwisata Kota Makassar," kata dia.

Baca juga: Wali Kota Makassar sebut persiapan F8 tuntas
Baca juga: Wali Kota Makassar siapkan Kapal Pinisi jamu para menteri di ajang F8
Baca juga: Wali Kota Makassar sebut perwakilan 11 negara akan hadir di event F8
Pembukaan F8 Makassar di Anjungan Pantai Losari Makassar, Rabu malam (23/08/2023). ANTARA/Nur Suhra Wardyah

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023