Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata InJourney Dony Oskaria mengatakan negosiasi terkait keberlangsungan kompetisi balap sepeda motor World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, masih berlanjut.

“Kita masih melakukan negosiasi,” kata Dony, saat dijumpai di Kementerian BUMN di Jakarta, Kamis.

Dony menegaskan, pernyataan sebelumnya terkait keputusan apakah Mandalika akan dicoret dari kalender WSBK selanjutnya karena kerugiannya disebut mencapai Rp100 miliar, tidak berarti peniadaan ajang balap tersebut.

“Kita akan kaji sesuai arahan. Bukan berarti tidak diadakan, tapi kita juga harus memiliki position,” kata dia.

Kajian tersebut, lanjut Dony, akan melihat dari tiga parameter utama, yaitu eksposure pemberitaan yang luas dari media nasional dan internasional, dampak ekonomi secara lokal dan nasional, serta pengembalian investasi (return of investment).

Baca juga: Menteri BUMN: Ajang WSBK di Sirkuit Mandalika masih negosiasi harga

“Kami mengkaji ini supaya tiga hal tadi bisa tercapai. Tidak meniadakan, tapi sifatnya me-review, negosiasi, dan melihat lagi. Kita tidak mengurangi event, tapi event akan bertambah terus di Mandalika,” ujar Dony.

Adapun WSBK sudah tiga kali digelar di Sirkuit Internasional Mandalika, yakni mulai tahun 2021. Mandalika menjadi tuan rumah dari putaran kedua WSBK musim ini pada bulan Maret.

Sementara itu, sirkuit sepanjang 4,3 km tersebut masih akan menjadi tuan rumah dari kejuaraan balap motor internasional lainnya, MotoGP, pada 13 hingga 15 Oktober 2023.

Pada 15 dan 16 Juli tahun ini, akan ada pula Kejuaraan Nasional Balap Motor Mandalika Racing Series putaran kedua di sirkuit yang terletak di Lombok Tengah itu. Ronde kedua ini merupakan kelanjutan dari kejurnas yang memulai debutnya sebagai balapan pendukung (supporting race) di WSBK 2023.

Selain itu, Sirkuit Mandalika juga menjadi tuan rumah seri keempat ajang balap Asia Road Racing Championship 2023 pada 11-13 Agustus.

Baca juga: MGPA sebut belum ada keputusan Mandalika dicoret dari kalender WSBK
Baca juga: Mandalika Racing Series 2023 putaran kedua siap bergulir 15-16 Juli


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023