kerja sama dalam bidang pendidikan, pelatihan, penelitian pembangunan pengembangan wilayah, pengabdian kepada masyarakat, serta pengelolaan pembangunan.
Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah melibatkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dalam upaya mengoptimalkan percepatan pembangunan daerah di berbagai bidang.

Pelibatan ITS dalam optimalisasi percepatan pembangunan daerah, ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan kerja sama oleh Bupati Halikinnor bersama Rektor ITS Prof Mochamad Ashari yang dilaksanakan di kampus ITS Surabaya, Kamis.

Ruang lingkup kesepakatan kerja sama ini meliputi tiga hal yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan, penelitian pengembangan dan pemanfaatan bersama ilmu pengetahuan maupun teknologi dalam pembangunan dan pengembangan wilayah, serta perencanaan pengembangan fasilitas transportasi darat, udara dan sungai.

Bupati Halikinnor menjelaskan, sesuai rencana program atau kegiatan yang tercantum dalam nota kesepakatan bersama perlu adanya pendampingan dan pembinaan secara berkelanjutan dari pihak Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Hal ini dilakukan terhadap  kerja sama dalam bidang pendidikan, pelatihan, penelitian pembangunan pengembangan wilayah, pengabdian kepada masyarakat, serta pengelolaan pembangunan.
 
Selain itu akan terus dilakukan peningkatan dari segala aspek agar dapat memberikan dampak yang positif bagi Kabupaten Kotawaringin Timur, ujarnya.

Lebih lanjut Halikinnor memaparkan, Sampit sebagai Ibu Kota Kabupaten Kotawaringin Timur merupakan salah satu kabupaten terpadat di Kalimantan Tengah.

Dilihat dari kepadatan penduduk menjadikannya kabupaten yang sangat strategis, bahkan sebagai pintu gerbang perekonomian di Kalimantan Tengah yang memiliki sumber daya alam yang melimpah dan sumber daya manusia yang berkualitas.

Kabupaten Kotawaringin Timur juga didukung dengan sumber daya alam yang berlimpah dan beraneka ragam. Potensi itu di antaranya industri perkebunan, pertambangan, pariwisata, perikanan, peternakan dan pertanian.

Dengan adanya sumber daya alam dan sumber daya manusia yang berkualitas tersebut, Kabupaten Kotawaringin Timur juga perlu didukung dengan transportasi yang mumpuni. Salah satu transportasi yang dapat memudahkan mobilisasi masyarakat yaitu transportasi udara.

Peningkatan kualitas transportasi udara baik dari segi sarana atau prasarana tentunya akan berpengaruh terhadap kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur. Hal ini sejalan dengan visinya untuk mewujudkan kabupaten yang mandiri, maju dan sejahtera.

Sebagai salah satu bentuk dalam pengembangan investasi yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur, pemerintah daerah selalu berusaha menjaga kondisi wilayah yang kondusif untuk menarik para investor.

Oleh karena itu pemerintah berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah secara berkelanjutan dengan mendorong peningkatan dan pengembangan nilai investasi.

"Dengan dilakukan pengembangan bandara H Asan Sampit diharapkan dapat mewujudkan kemajuan pembangunan dan kualitas sumber daya alam dan sumber daya manusia di Kabupaten Kotawaringin Timur," ujar Halikinnor.
Baca juga: Pemkab Kotim pasok air bersih bantu masyarakat terdampak kekeringan
Baca juga: Kotim beli ekskavator amfibi Rp5,3 miliar optimalkan penanganan banjir
Baca juga: Kepala DPMD Kotim kenalkan inovasi CGV cegah korupsi di desa
Baca juga: Disdik Kotim fasilitasi anak putus sekolah ikuti pendidikan nonformal

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat/Norjani
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023