Jakarta (ANTARA) - Apple telah mengumumkan fitur pembayaran nirsentuh langsung melalui “Tap to Pay” di iPhone yang dapat digunakan di seluruh Inggris.

Berdasarkan siaran pers resmi pada Kamis (13/7), Apple mengklaim kemampuan baru ini akan memberdayakan jutaan pedagang, dari bisnis kecil hingga pengecer besar, untuk menggunakan iPhone mereka agar dapat menerima Apple Pay, kartu kredit dan debit nirsentuh, dan dompet digital lainnya dengan lancar dan aman.

Fitur tersebut dapat dimanfaatkan menggunakan iPhone dan aplikasi iOS yang didukung mitra, serta tidak diperlukan perangkat keras tambahan atau terminal pembayaran.

“Ketuk untuk membayar” di iPhone tersedia untuk platform pembayaran dan pengembang aplikasi di Inggris Raya untuk diintegrasikan ke dalam aplikasi iOS mereka dan ditawarkan sebagai opsi penerimaan pembayaran untuk pelanggan bisnis mereka.

Revolut dan Tyl by NatWest adalah platform pembayaran pertama yang menawarkan “Tap to Pay” di iPhone kepada pelanggan bisnis Inggris mereka, dengan Adyen, Dojo, myPOS, Stripe, SumUp, Viva Wallet, Worldline, dan Zettle by PayPal segera hadir.

Baca juga: Apple pangkas produksi "headset" Vision Pro

Fitur ini juga akan diluncurkan ke lokasi Apple Store di Inggris Raya dalam beberapa minggu mendatang.

Selain itu, ini akan berfungsi dengan kartu kredit dan debit nirsentuh dari jaringan pembayaran terkemuka, termasuk American Express, Mastercard, dan Visa.

“Kami telah melihat Tap to Pay di iPhone mengubah pengalaman pembayaran untuk begitu banyak jenis bisnis, dan kami sangat senang untuk sekarang mendukung pedagang di Inggris Raya dengan menawarkan cara yang mudah, aman, dan pribadi untuk menerima pembayaran nirsentuh menggunakan kekuatan, keamanan, dan kenyamanan iPhone, tanpa memerlukan perangkat keras tambahan,” ujar Wakil Presiden Apple untuk Apple Pay dan Apple Wallet, Jennifer Bailey.

“Usaha kecil dan menengah telah lama memainkan peran penting dalam ekonomi Inggris, dan bersama dengan platform pembayaran, pengembang aplikasi, dan jaringan pembayaran, kami mempermudah bisnis Inggris untuk menerima pembayaran nirsentuh dengan lancar dan terus berkembang bisnis mereka,” tambahnya.

Dengan “Tap to Pay” di iPhone, merchant dapat membuka penerimaan pembayaran nirsentuh melalui aplikasi iOS yang mendukung pada perangkat iPhone Xs atau lebih baru yang menjalankan versi iOS terbaru.

Saat checkout, merchant hanya akan meminta pelanggan untuk memegang iPhone atau Apple Watch mereka untuk membayar dengan Apple Pay, kartu kredit atau debit tanpa kontak, atau dompet digital lainnya di dekat iPhone merchant, dan pembayaran akan diselesaikan dengan aman menggunakan teknologi NFC.

Apple Pay sudah diterima di lebih dari 99 persen peritel di Inggris Raya, dan dengan kemampuan baru ini hampir semua bisnis besar atau kecil dapat menggunakannya.

Privasi merupakan hal mendasar dalam desain dan pengembangan di semua fitur pembayaran Apple. Dengan Tap to Pay di iPhone, data pembayaran pelanggan dilindungi oleh teknologi yang sama yang membuat Apple Pay pribadi dan aman.

Semua transaksi yang dilakukan menggunakan Tap to Pay di iPhone dienkripsi dan diproses menggunakan Secure Element, dan seperti Apple Pay, Apple tidak mengetahui apa yang sedang dibeli atau siapa yang membelinya.

Baca juga: Apple digadang tengah siapkan iMac dengan chip M3

Baca juga: Apple bersiap luncurkan iPad Pro OLED 2024

Baca juga: Apple iPhone 15 Pro Max akan hadir dengan fitur eksklusif


Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023