Ini menjadi bahan yang penting dan bermanfaat untuk kami
Bengkulu (ANTARA) - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan hasil kajian Tim Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Lemhannas Republik Indonesia menunjukkan bahwa Indeks Ketahanan Nasional Provinsi Bengkulu di bidang pertahanan dan keamanan berada di atas rata-rata nasional.
 
"Ini menjadi bahan yang penting dan bermanfaat untuk kami. Atas nama pemerintah dan masyarakat Bengkulu kami mengucapkan terima kasih, ini menambah semangat kami untuk membangun daerah ini," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Bengkulu, Jumat.
 
Tim Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN), PPSA XXIV Tahun 2023 Lemhannas Republik Indonesia memberikan nilai indeks sebesar 3,59, berada di atas angka rata-rata nasional yang dicatat sebesar 3,10 poin.
 
Selain indeks ketahanan nasional ada beberapa indikator yang juga dikaji oleh Tim SSDN PPSA XXIV Tahun 2023 Lemhannas RI di antaranya adalah ideologi, sosial budaya, politik juga ekonomi.
 
Beberapa hal yang menjadi catatan Tim Lemhanas adalah angka persentase kemiskinan di Provinsi Bengkulu, masih cukup tinggi.
 
Namun, angka itu dicatat sudah mengalami penurunan, dan berdasarkan data persentase penduduk miskin Bengkulu pada September 2022 kini sebesar 14,34 persen.
 
Rohidin menyebutkan provinsi berjuluk Bumi Raflesia itu dari 2021 hingga 2022 termasuk salah satu provinsi yang progresif menurunkan angka kemiskinan dari sisi persentase.
 
"Dari angka itu menunjukkan bahwa program-program pemberdayaan ekonomi untuk penanggulangan kemiskinan di Bengkulu cukup berarti atau tepat sasaran, maka angka penurunan kemiskinan paling progresif 0,28 persen itu tertinggi secara nasional penurunan angka kemiskinannya," ucapnya.
 
Gubernur Rohadin terus berupaya agar seluruh program-program prioritas dapat berjalan dan dirasakan oleh setiap masyarakat Provinsi Bengkulu.
 
"Ada beberapa persoalan-persoalan yang kami hadapi, namun dengan teman-teman OPD kami stressing betul programnya, saya katakan harus tepat sasaran untuk menjangkau kepentingan dan kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Gubernur: Daerah siap dan dukung penuh pembentukan Kodam Bengkulu
Baca juga: Gubernur Jatim saksikan sejarah kemerdekaan di rumah Fatmawati

 

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023