berikan yang terbaik buat Sumut
Medan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mendukung finalis Duta Bahasa asal daerah ini untuk mengikuti ajang Pemilihan Duta Bahasa 2023 dan meminta untuk membantu pemerintah dalam mengerakkan literasi di wilayah ini.

"Duta Bahasa bisa berkontribusi membantu Pemprov Sumut untuk meningkatkan literasi di masyarakat menjadi lebih baik lagi," ujar Edy Rahmayadi, usai menerima audiensi finalis Duta Bahasa Sumut di Medan, Sabtu.

Edy Rahmayadi juga berharap, sebagai duta bahasa dapat memberikan andil dalam melestarikan bahasa daerah dan penguasaan bahasa asing.

Dikatakan Edy, masyarakat Sumut yang heterogen, memiliki beragam bahasa daerah yang perlu terus dilestarikan.

"Menjadi duta, berarti kalian mewakili Sumut di sana, dalam mengampanyekan bahasa, seorang duta bahasa tidak hanya berhenti pada ucapan saja, melainkan juga perilaku, bersifat sopan dan tegas, ini ciri khas Sumut, selamat jalan, berikan yang terbaik buat Sumut," kata Edy Rahmayadi.

Baca juga: Duta Bahasa Maluku diharapkan jadi mitra strategis tingkatkan literasi
Baca juga: Mahasiswa FKG UI raih juara 1 duta bahasa DKI Jakarta


Ia pun juga berpesan, selama mengikuti kegiatan ajang Pemilihan Duta Bahasa 2023 Tingkat Nasional, para finalis tetap menjaga perilaku, sopan dan disiplin.

Adapun dua finalis Duta Bahasa yang mewakili Sumut mengikuti Pemilihan Duta Bahasa 2023 Tingkat Nasional yakni M Denny Effendy Tambusay (Langkat) dan Windy Niskya Rahmi Harefa (Gunungsitoli).

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara (BBPSU) Hidayat Widiyanto mengucapkan terima kasih atas dukungan Gubernur Sumut terhadap finalis Duta Bahasa untuk mengikuti ajang Pemilihan Duta Bahasa 2023 Tingkat Nasional di Jakarta.

"Terima kasih kami sampaikan, atas dukungan Bapak Gubernur bersama ibu, terhadap Duta Bahasa yang mewakili Sumut. Program Duta Bahasa ini antara lain bertujuan ikut mengembangkan, melindungi dan membina bahasa yang ada di Sumut," ujar Widiyanto.

Widiyanto mengatakan keikutsertaan Duta Bahasa Sumut mampu memberikan warna di kancah nasional dan juga berkomitmen untuk membantu program-program Pemprov Sumut yang terkait kebahasaan dan kesastraan.

Baca juga: Ratusan siswa Jakarta belajar bahasa daerah melalui Telusur Bahasa
Baca juga: Dua mahasiswa UI jadi Duta Bahasa Nasional 2022 Kemendikbudristek

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023