Proses kedatangan para jamaah haji di bandara juga berjalan dengan baik
Tangerang (ANTARA) - PT Angkasa Pura (AP) II Persero selaku pengelola bandara utama di Indonesia mencatat sebanyak 29.457 haji telah kembali ke Tanah Air melalui lima bandara yang menjadi debarkasi.

"Selama 10 hari periode kepulangan jamaah haji, atau pada 4 Juli - 13 Juli 2023, tercatat sebanyak 29.457 haji telah tiba di Tanah Air melalui 5 bandara AP II," kata President Director AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis diterima di Tangerang, Senin.

Ia mengatakan, dari 29.457 haji yang sudah kembali melalui lima bandara itu diantaranya, seperti melalui Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) sebanyak 20.216 haji, Bandara Kualanamu (Deli Serdang) sebanyak 2.816 haji, Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) sebanyak 3.501 haji, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) sebanyak 1.433 haji, dan Bandara Kertajati (Majalengka) sebanyak 1.491 jemaah haji.

Kemudian, mulai 17 Juli ini Bandara Minangkabau (Padang) akan menjadi debarkasi pelayanan kedatangan jamaah haji asal Indonesia.

Baca juga: AP II pastikan fasilitas bandara dalam kondisi baik sambut jamaah haji

Baca juga: Enam bandara AP II layani kedatangan jamaah haji


"Penerbangan haji yang mengantarkan pulang para jamaah ke Tanah Air melalui bandara AP II berjalan dengan lancar. Proses kedatangan para jamaah haji di bandara juga berjalan dengan baik. Kami berterima kasih kepada seluruh stakeholder atas dukungannya sehingga bandara AP II dapat menyambut dan memberi pelayanan terbaik bagi jamaah haji," katanya.

Menurutnya, kepulangan jamaah haji melalui bandara AP II yang menjadi debarkasi tersebut akan terus berlangsung hingga awal Agustus 2023.

Ia menambahkan, terdapat juga dua dua bandara lain yang menjadi bandara antara kedatangan jamaah haji dari kloter BTH yakni Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru) dan Bandara Sultan Thaha (Jambi).

Kendati demikian, Angkasa Pura II terus berkoordinasi erat dengan seluruh stakeholder dalam menyambut kedatangan para jamaah haji itu.

"Kedatangan jamaah haji menjadi salah satu fokus bagi bandara AP II yang menjadi debarkasi dan juga bandara antara. Kami memohon dukungan masyarakat agar dapat dengan baik memberikan pelayanan dalam menyambut kedatangan jamaah haji," ujar diam

Director of Operation AP II Wendo Asrul Rose menuturkan seluruh fasilitas sisi udara dan sisi darat di bandara yang menjadi debarkasi dipastikan siap melayani penerbangan kedatangan haji.

"Slot time penerbangan juga sudah dikoordinasikan dengan seluruh stakeholder untuk memastikan kelancaran penerbangan kedatangan haji," kata dia.

Baca juga: Bandara AP II layani kepulangan 41.468 jemaah haji

Baca juga: Bandara AP II siap sambut kepulangan jamaah haji mulai malam ini

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023