Semoga ini dapat terselesaikan sesuai harapan warga
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur mempercepat perbaikan saluran air di Jalan Robusta Raya, Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.
 
"Semoga ini dapat terselesaikan sesuai harapan warga," kata Wali Kota Jaktim Muhammad Anwar di Jakarta, Senin.
 
Perbaikan saluran air untuk mengatasi genangan air di Jalan Robusta Raya ditargetkan rampung pada September 2023.
 
Perbaikan saluran air dengan beton u (u-ditch) dan gorong-gorong kotak (box culvert) mencapai panjang 438 meter pada sisi utara dan sisi selatan sepanjang 331 meter dengan lebar 80 centimeter.
 
Perbaikan saluran air itu merupakan tindak lanjut hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (musrenbang) 2022 melalui Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Timur.
 
Anwar meminta agar pekerjaan saluran air memperhatikan kebersihan puing sisa perbaikan saluran, sehingga tidak mengganggu aktivitas warga.
 
"Saya minta ada pemantauan agar tidak mengganggu aktivitas warga yang melintas di jalan ini, utamanya pemilik rumah yang terkena perbaikan saluran," ujarnya.
 
Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Sudin SDA Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri mengatakan pengerukan dan pelebaran saluran guna memaksimalkan daya tampung saluran dan melancarkan aliran air ke saluran penghubung (Phb) Pondok Kopi.
 
Menurut dia perbaikan saluran dilakukan sejak Juni lalu dengan mengerahkan delapan orang personel Satuan Tugas (Satgas) Sudin SDA Kota Jakarta Timur dan satu unit alat berat.
 
"Hingga kini pengerjaan telah memasuki 90 persen, kita harapkan September 2023 nanti, dapat rampung sehingga air dapat mengalir normal tidak alami luapan yang sebabkan genangan saat turun hujan," kata Tengku.
 
Perbaikan saluran air yang menggunakan ekskavator di sisi selatan Jalan Robusta Raya mengakibatkan arus lalu lintas tersendat.
 
Hal itu lantaran alat berat yang dikerahkan berada di badan jalan. Sehingga, kendaraan yang melintas harus secara bergantian.
Baca juga: Pembangunan turap Kali Baru masih proses lelang di BPPBJ DKI
Baca juga: Heru: Tanggul di Kali Baru bisa selesaikan persoalan banjir di Jaktim
Baca juga: Pemkot bangun waduk di proyek sodetan kali Kampung Sumur

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023