Sorong (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin menyebut bahwa Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya (PBD) akan menjadi pusat jasa dan perdagangan lintas provinsi, karena memiliki banyak potensi yang dikembangkan di provinsi itu.

"Karena letak wilayah Kota Sorong sangat strategis dan memiliki potensi sumber daya alam yang memadai, sehingga itu menjadi modal bagi pemerintah dalam mengembangkan pembangunan ke depan," kata Wapres saat peletakan batu pertama pembangunan pusat perkantoran Provinsi Papua Barat Daya di Stadion Wombik, Kota Sorong, Senin.

Baca juga: Wapres ingatkan PBD untuk kejar target pembangunan

Wapres menyebutkan bahwa selain memiliki potensi sumber daya alam, provinsi ini juga memiliki peran sebagai modal konektivitas jasa dan perdagangan lintas provinsi di wilayah Papua.

Keunggulan ini, kata dia, tentunya menjadi modal bagi Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya untuk mengejar target pembangunan ke depan, sehingga potensi yang dimiliki bisa tumbuh dan berkembang secara baik dan maksimal.

“Keunggulan itu akan menjadi modal bagi Provinsi Papua Barat Daya untuk berlari mengejar target-target pembangunan supaya potensi itu tumbuh dan terus bertumbuh maksimal,” beber Wapres.

Wapres meyakini bahwa melalui kehadiran Papua Barat Daya ini, peran Kota Sorong sebagai subjek konektivitas lintas provinsi dapat dimaksimalkan dengan baik. Sebab, seluruh elemen penunjang mulai dari kebijakan hingga pelayanan publik akan dapat diakses pada satu wilayah terpadu.

Baca juga: Wapres apresiasi Papua Barat Daya cepat bentuk struktur kelembagaan

Baca juga: Wapres silaturahmi dengan tokoh agama dan adat Papua Barat Daya


"Peluang ini harus diprogramkan secara baik supaya potensi terbangun secara baik dan tercapai," kata Wapres.

Karena itu Wapres berharap kepada seluruh elemen untuk mendukung program prioritas pemerintah dalam rangka membangun potensi tersebut, untuk menunjang peluang Kota Sorong sebagai pusat perdagangan.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023