Hasil penjualan untuk warga binaan pemasyarakatan dan disetorkan ke negara...
Lubukbasung,- (ANTARA) -
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) melakukan panen jagung di lahan perkebunan milik lembaga ini seluas satu hektare program pembinaan kemandirian.
 
Kepala Lapas Kelas IIB Lubuk Basung Suroto, di Lubuk Basung, Senin, mengatakan panen jagung dilakukan oleh warga binaan pemasyarakatan di bawah pengawasan petugas dengan hasil panen jagung di lahan seluas satu hektare sekitar 1,5 ton.
 
"Jagung ini akan dijual kepada pedagang pengumpul. Hasil penjualan untuk warga binaan pemasyarakatan dan disetorkan ke negara yang merupakan penerimaan negara bukan pajak (PNBP)," katanya lagi.
 
Ia mengatakan kegiatan ini merupakan program pembinaan kemandirian kepada para warga binaan pemasyarakatan yang ada di Lapas Kelas IIB Lubuk Basung. Ini sebagai bentuk mendukung program pemerintah dalam rangka menyukseskan program ketahanan pangan nasional.
 
"Kita berinisiatif untuk berpartisipasi dalam bidang pertanian khususnya bertanam jagung dalam menyukseskan ketahanan pangan nasional," kata dia pula.
 
Dia menambahkan Lapas Kelas IIB Lubuk Basung juga melakukan usaha di bidang perikanan dengan pembibitan ikan lele.
 
Upaya produktif yang dilakukan kepada para warga binaan pemasyarakatan tersebut sebagai bentuk menumbuhkan kecintaan jiwa kewirausahaan kepada mereka.

Dengan cara itu nantinya setelah bebas, mereka mau berusaha secara mandiri dengan mengolah lahan pertanian yang dimilikinya.
 
"Dengan pembekalan yang kami berikan, maka mereka tidak mengulangi perbuatannya. Kegiatan itu berkat dukungan Kakanwil Kemenkumham Sumbar Haris Sukamto," katanya lagi. 
Baca juga: Lapas Bukittinggi panen bawang hasil pertanian narapidana
Baca juga: Wamentan hadiri panen perdana cabai di kebun Lapas Sukamara

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023