Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan dirinya berkomitmen untuk mendukung potensi anak bangsa mewujudkan visi Indonesia Maju seperti yang diarahkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Kita optimis bahwa Indonesia Maju seperti yang dicanangkan Pak Presiden ini bisa kita wujudkan dalam gerak langkah di Kementerian Komunikasi dan Informatika,” kata Menkominfo keterangan tertulisnya yang diterima Selasa.

Menkominfo Budi menjelaskan ekosistem teknologi digital terus berkembang seperti kehadiran Internet of Things (IoT), cloud computing, blockchain hingga artificial intelligence (AI) serta sains data. Menurut dia, Pemerintah memberikan perhatian penuh untuk menangkap peluang dari inovasi tersebut dan menyiapkan anak bangsa agar mampu menguasai teknologi digital terbaru itu.

“Jadi, bagaimana tantangan kita bangsa ini ke depan adalah soal data science karena cikal bakal AI itu adalah di kemampuan anak bangsa untuk menjadi data science kedepan karena apps (aplikasi) mungkin akan tergeser oleh data,” ujar Budi.

Baca juga: Menkominfo tegaskan fokus kerja selesaikan berbagai persoalan

Dia lalu mengambil contoh dari beberapa negara maju yaitu Amerika Serikat serta China yang sudah menyiapkan ekosistem sumber daya manusia-nya secara khusus di bidang teknologi digital. Menurut dia hal itu juga bisa dilakukan oleh Indonesia dan bahkan SDM lokal kita bisa bersaing di kancah internasional.

“Sekarang Amerika dan China sedang bertarung dan kita mudah-mudahan Indonesia tidak saja menjadi penonton. Walaupun sekarang ini tetap saja teknologinya soal lain-lain masih dikuasai oleh Amazon Web Service dan Google. Ini juga kita perlu tantangan sebagai anak bangsa,” kata Budi.

Kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kemenkominfo, Budi tidak lupa menyampaikan pesan untuk bisa mewujudkan kerja kolaborasi di bawah kepemimpinannya bersama Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria. Dia berharap bisa memberikan warisan kerja kolaborasi yang nyata dari Kabinet Indonesia Maju (KIM).

“Kita sama-sama Bu Sekjen dan para Dirjen semoga Kominfo bisa menjadi salah satu kementerian yang dibanggakan dan meninggalkan legacy (peninggalan) yang baik untuk pemerintahan Pak Jokowi,” kata Budi.

Baca juga: Budi Arie Setiadi resmi terima jabatan sebagai Menkominfo

Baca juga: Jokowi perintahkan Menkominfo Budi Arie selesaikan proyek BTS

Baca juga: Komisi I ingatkan Menkominfo bekerja cepat selesaikan program Presiden

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023