Jakarta (ANTARA) - Kompetisi olahraga elektronik Indonesia Piala Presiden Esports 2023 yang rangkaiannya dimulai 18 Juli hingga Oktober diharapkan mampu menjadi wadah yang inklusif bagi seluruh ekosistem esports nasional.

Hal tersebut menyusul adanya dua nomor pertandingan menarik tahun ini yaitu Mobile Legends: Bang Bang Putri dan gim lokal Lokapala yang ikut dikompetisikan pada ajang ini selain Mobile Legends: Bang Bang.

“Kami selalu mendukung Piala Presiden karena merupakan bentuk aktif untuk mengembangkan industri esports di Indonesia. Namun, ada dua tantangan besar di dalamnya yaitu soal gim lokal dan kesetaraan gender,” kata Ketua Bidang Atlet, Prestasi, dan IT PB ESI Ricky Setiawan dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Ricky menilai, Piala Presiden Esports yang ikut menghadirkan Lokapala sebagai salah satu nomor pertandingan dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan kesadaran bahwa pengembang dan penerbit gim Indonesia mampu menciptakan kompetisi gim lokal dengan baik di negeri sendiri.

Selain itu, Ricky mengatakan keikutsertaan para pemain esports putri juga perlu didorong demi menciptakan esports sebagai olahraga yang kompetitif, terbuka, serta dapat dinikmati oleh khalayak yang luas.

“Adanya kategori Mobile Legends: Bang Bang Putri ini menjadi upaya untuk pemerataan tersebut. Potensi yang semakin besar ini tentu diharapkan pasar juga makin meningkat. PB ESI akan selalu hadir mendukung hal tersebut. Esports Indonesia tidak akan bertumbuh kalau kita tidak bergerak bersama demi Merah Putih dapat berkibar di pentas dunia,” ujar Ricky.

Baca juga: Menparekraf:Piala Presiden bisa dorong pertumbuhan talenta esports

Sementara itu, Ketua Pelaksana Piala Presiden Esports 2023 Rangga Danu Prasetyo menambahkan kolaborasi lintas sektor juga penting demi memajukan industri esports di Indonesia.

“Ekosistem esports di Indonesia bisa dikatakan sangat luas dan akan terus dikembangkan oleh seluruh pemangku kepentingan yang berkecimpung di dalamnya. Piala Presiden Esports 2023 merupakan bagian dari ekosistem tersebut yang juga semakin berkembang setiap tahunnya,” kata Rangga.

“Ekosistem esports tidak hanya sebatas kepada atlet yang bertanding, tetapi juga mencakup elemen-elemen lain seperti talent, brand ambassador, caster, host, hingga kru yang bekerja di belakang layar. Bukan tidak mungkin jika ke depannya esports tidak hanya menjadi sebuah kompetisi tetapi juga sarana hiburan," ujarnya menambahkan.

Periode pendaftaran Piala Presiden Esports 2023 sudah dibuka sejak 13 Juli. Usai seremoni kick off, turnamen akan berlanjut ke tahap kualifikasi yang terbagi menjadi babak kualifikasi regional, kualifikasi tertutup, dan kualifikasi terbuka.

Para finalis dari masing-masing cabang gim akan bertanding di Babak Grand Final Piala Presiden Esports 2023 yang rencananya diselenggarakan di Tennis Indoor Stadium Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Oktober.

Ajang ini ditargetkan diikuti setidaknya 50.000 atlet esports dari berbagai daerah di Indonesia yang memperebutkan prize pool sebesar Rp2 miliar.

Baca juga: PUBG Mobile dan TikTok Live hadirkan turnamen esports PMIC SUPER
Baca juga: Timnas CS:GO lolos kualifikasi Asia Pasifik menuju IESF World Esports


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023