Program tersebut merupakan bagian dari upaya berkelanjutan SMF dalam mengentaskan rumah dengan kategori kumuh dan pengentasan kemiskinan ekstrem
Jakarta (ANTARA) - PT Sarana Multigriya Finansial (SMF), BUMN bidang pembiayaan perumahan, merenovasi 28 rumah tidak layak huni milik masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di pemukiman kumuh Teluk, Pandeglang, Banten melalui Program Peningkatan Kualitas Rumah di Daerah Kumuh.

“Program tersebut merupakan bagian dari upaya berkelanjutan SMF dalam mengentaskan rumah dengan kategori kumuh dan pengentasan kemiskinan ekstrem,” kata Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Dalam merealisasikan program tersebut, SMF bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Banten, dan Program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Total dana yang akan digelontorkan dalam program tersebut oleh BUMN di bawah Kementerian Keuangan ini adalah sebesar Rp1,285 miliar.

Bantuan tersebut merupakan bantuan dana hibah Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang disalurkan melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM).

Pandeglang menjadi kota ke 18 dari 21 lokasi yang bekerja sama SMF dalam pembenahan Kawasan kumuh.

Ananta menuturkan bahwa Pandeglang dipilih karena merupakan jantung perekonomian kabupaten yang memiliki luas wilayah sebesar 2747 km2 atau sebesar 29,98 persen dari wilayah Provinsi Banten.

Selain itu, Pandeglang juga berpotensi sebagai simpul transportasi yang melayani skala kabupaten.

Ananta berharap masyarakat dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya yang diwujudkan dengan terus menjaga dan merawat rumahnya. Dengan begitu, dapat memberikan manfaat jangka panjang baik dari sosial maupun ekonomi.

Program Peningkatan Kualitas Rumah di Daerah Kumuh merupakan salah satu inisiatif strategis SMF yang telah bergulir sejak tahun 2018.

Hingga saat ini, SMF telah merealisasikan program peningkatan kualitas rumah di daerah kumuh total sebanyak 398 rumah dengan serapan anggaran mencapai Rp Rp 28,75 miliar di 21 kota seluruh Indonesia.


Baca juga: SMF bangun rumah layak huni untuk benahi kawasan kumuh di Mataram
Baca juga: Lembaga keuangan siapkan skema pembiayaan rumah untuk milenial
Baca juga: BSI kolaborasi dengan SMF terbitkan EBA Syariah pertama di Indonesia


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023