Cianjur (ANTARA) - Ratusan bangunan sekolah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, diperbaiki Pemkab Cianjur dari dana APBD 2024 secara bertahap agar siswa tidak lagi belajar di dalam tenda.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Cianjur, Akib Ibrahim, di Cianjur Rabu, mengatakan sekitar 561 sekolah di Cianjur rusak akibat gempa tidak ditangani Pemerintah Pusat, sehingga proses belajar mengajar di awal tahun ajaran dilakukan dalam tenda.

"Sekolah di Cianjur yang rusak parah 82 sekolah SMP, 22 diantaranya ditangani Pemerintah Pusat, sedangkan 229 sekolah SD yang rusak 136 ditangani Pemerintah Pusat, sedangkan tingkat PAUD dan TK, terdapat 250 sekolah yang terdampak, dan hanya 50 yang ditangani Pusat," katanya.

Progres penanganan bencana hampir selesai, sehingga sekolah yang ditangani Pusat sudah dapat digunakan dan yang lainnya tinggal menunggu penuntasan pembangunan, termasuk sarana dan prasarana penunjang yang sudah tersedia seperti meja dan kursi.

Baca juga: Pemkab Cianjur minta Pusat bantu pembangunan sekolah rusak

Baca juga: Pemerintah tambah lokasi relokasi warga terdampak gempa Cianjur


Proses pembangunan kembali sekolah yang rusak akibat gempa oleh Kementerian PUPR, tutur Akib melalui sejumlah persyaratan tertentu, selanjutnya semua permohonan penanganan bencana diajukan melalui BNPB ditindaklanjuti Kementerian PUPR melakukan analisis dan verifikasi.

"Hasil analisis dari pusat yang menentukan sekolah mana yang masuk dalam skala prioritas, sedangkan yang tidak, akan menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah untuk membangun kembali sekolah yang rusak akibat gempa," katanya.

Untuk pembangunan kembali sekolah yang rusak dan tidak mendapat bantuan pusat, kata dia, akan dibiayai dari APBD Cianjur 2024 secara bertahap dan sebagian akan diajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendiknas).

"Kemungkinan yang dapat dibiayai tidak terlalu banyak berkisar antara 30 sampai 50 sekolah, sedangkan sisanya akan diajukan ke Kemendiknas dengan harapan dapat dikabulkan," katanya.*

Baca juga: Pemkab Cianjur dan PMI masih berikan air bersih ke penyintas gempa

Baca juga: KNPI bagikan 800 bungkus daging sapi ke warga terdampak gempa Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023