Jakarta (ANTARA) - Carlos Alcaraz yang tampil memukau di All England Club untuk meraih kemenangan pada pertandingan final Wimbledon melawan Novak Djokovic dipastikan lolos kualifikasi ATP Finals 2023.

Dikutip dari laman resmi ATP, Rabu, foto petenis Spanyol berusia 20 tahun itu diproyeksikan ke bangunan bersejarah Kota Turin, Mole Antonelliana, untuk mengumumkan bahwa dia lolos kualifikasi ATP 2023.

Alcaraz menjadi petenis pertama yang dipastikan lolos ke ajang penutup musim bergengsi tersebut untuk edisi tahun ini yang akan berlangsung di Pala Alpitour Turin pada 12-19 November.

Ini adalah tahun kedua berturut-turut Alcaraz lolos ke ATP Finals. Dia seharusnya melakukan debutnya dalam turnamen yang mempertandingkan delapan petenis peringkat teratas tersebut pada 2022 tetapi terpaksa mundur karena cedera.

Novak Djokovic akhirnya menang untuk menyegel gelar keenam setelah mengalahkan Casper Ruud di final dan menyamai rekor gelar Roger Federer.

Baca juga: Alcaraz kalahkan Djokovic untuk juarai Wimbledon

Kemenangan Alcaraz di Wimbledon pada Minggu (16/7), juga berhasil menghentikan upaya Djokovic untuk merebut peringkat teratas ATP.

Petenis Serbia itu tetap di posisi kedua dengan 730 poin di belakang Alcaraz di ATP Live Race To Turin.

Dengan kedua petenis tersebut menikmati musim 2023 yang luar biasa sejauh ini -- Djokovic memenangi Australian dan French Open -- mereka tetap menjadi yang terdepan untuk kandidat nomor satu ATP akhir tahun.

Meski begitu, pertarungan keduanya untuk memperebutkan gelar akhir musim tersebut dapat dipatahkan oleh siapa saja yang paling bersinar di Turin pada November.

Baca juga: Djokovic sebut Alcaraz perpaduan talenta dirinya, Federer dan Nadal
Baca juga: Kemenangan Wimbledon Alcaraz sinyal lengsernya dominasi "Big Three"

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023