Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menyempatkan diri membeli gulali untuk para menteri serta Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang mendampinginya menyambangi Festival Tabut di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu, Rabu malam.

Seturut keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, Kepala Negara yang mengenakan kaus lengan panjang berwarna cokelat tiba di lokasi Festival Tabut 2023 sekira pukul 19.15 WIB dan disambut antusias oleh warga masyarakat yang berada di sana.

Sembari berkeliling menyapa warga, Presiden berhenti sejenak di sebuah lapak yang menjajakan gulali sebelum memutuskan membeli lima buah dagangan yang dijajakan.

"Satu-satu, ini saya dua," kata Presiden sembari berkelakar dan membagikan gulali yang dibelinya kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Presiden kemudian segera menyerahkan tiga lembar uang pecahan Rp50.000 kepada pedagang gulali tersebut, yang langsung menyambutnya dengan ucapan "Alhamdulillah, terima kasih, Pak."

Selama berkeliling, Presiden Jokowi juga menyempatkan diri melayani permintaan swafoto sejumlah warga yang ada di lokasi Festival Tabut 2023.

Presiden pun sempat menyimak pertunjukan alat musik Dhol yang ditampilkan siswa sekolah dasar sebagai salah satu sajian Festival Tabut 2023.

Festival Tabut dijadwalkan berlangsung hingga 29 Juli 2023 dan menampilkan sejumlah perlombaan khas Bengkulu seperti alat musik Dhol, lomba tari tabut dan tari kreasi, serta lomba permainan rakyat, ikan-ikan dan telong-telong.

Presiden Jokowi tengah melakukan kunjungan kerja di Provinsi Bengkulu sejak mendarat pada Rabu sore dan dijadwalkan menjalani sejumlah rangkaian kegiatan hingga Jumat (21/7).

Rangkaian kunjungan kerja Presiden dilakukan di lima wilayah yaitu Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Seluma dan Kabupaten Bengkulu Utara.

Salah satu agenda kegiatan Presiden di Bengkulu adalah meresmikan Jalan Tol Bengkulu—Taba Penanjung pada Kamis (20/7) besok.

Baca juga: Jokowi saksikan atraksi Dhol di Festival Tabut Bengkulu
Baca juga: Presiden Jokowi kunjungi Festival Tabut Bengkulu

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023