Saya berfikir mundur karena Al Serkal lebih favorit,"
London (ANTARA News) - Calon dari Arab Saudi Hafez Al Medlej menyatakan mundur dari persaingan pencalonan pemilihan ketua AFC dan justru mendukung calon lainnya dari Uni Emirat Arab, Yousuf Al Serkal, demikian dikatakan media setempat.

Dua calon itu sedang berkampanye menjelang pemilihan ketua Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang akan berlangsung pada 2 Mei nanti di Malaysia, dimana dua calon lainnya turut bersaing yaitu Sheikh Salman bin Ibrahim Al Khalifa dari UEA dan Worawi Makudi dari Thailand.

"Saya berfikir mundur karena Al Serkal lebih favorit," kata Al Medlej seperti dikutip Reuters..

"Dia lebih difavoritkan untuk memenangi pemilihan dan sudah kesepemahaman timbal balik, kesepakatan dan koordinasi antara UEA dan Arab Saudi dalam masalah ini," katanya.

Al Medlej dan Al Serkal keduanya hadir dalam pertemuan Federasi Sepakbola Asia Barat awal bulan ini yang diadakan oleh Pangeran Ali bin Al Hussein dari Jordania, dimana 13 anggota memutuskan hanya akan mengajukan satu calon saja.

Sementara itu Al Khalifa tidak hadir dalam pertemuan itu karena sedang berkampanye di Asia Timur dan hanya mengirim wakilnya seorang pejabat FA Bahrain, dan tampaknya dia juga bakal mundur dari pencalonan.

Bulan lalu Al Serkal mengatakan bahwa dirinya merupakan calon favorit dari wilayah Asia Barat dan minimal telah memiliki 70 persen dukungan suara dari wilayah itu.

Kandidat dari UEA dan satu dari wakil presiden AFC mengatakan dia akan terbang ke Swiss untuk bertemu ketua FIFA Sepp Blatter minggu depan guna mencari dukungan. "Blatter punya pengaruh besar di pemilihan AFC," kata Al Serkal.

"Saya akan bicara kepadanya tentang rencana saya untuk mengembangkan sepak bola di Asia dan memerangi korupsi, semuanya telah disiapkan untuk kunjungan itu dan saya optimistis akan mendapat dukungan dari badan sepakbola dunia itu," tambahnya.

(A020/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013