mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan masa depan
Jakarta (ANTARA) - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menjadi kampus teknik terbaik di Indonesia versi The Worlds University Rankings dan Scimago University Rankings bertepatan pada Dies Natalis ke-59.

"Tahun 2023, FTUI meraih gelar kampus teknik terbaik di Indonesia dari dua badan pemeringkatan internasional bergengsi," kata Dekan FTUI Heri Hermansyah di Jakarta, Rabu.

Heri menuturkan dengan adanya pengakuan ini maka semakin menambah kualitas posisi FTUI sebagai instansi pendidikan tinggi teknik terbaik di Tanah Air selama 59 tahun.

Maka, lanjut dia, pihaknya akan terus melakukan inovasi dengan meningkatkan keteknikan ilmu bisnis, kualitas riset inovasi, pengabdian, pelayanan masyarakat, modernisasi dan internasionalisasi pendidikan keteknikan.

Misalnya, modernisasi diwujudkan dengan menambah jumlah kelas dengan dilengkapi teknologi canggih (smart classroom) menjadi 17 kelas. Kemudian, internasionalisasi pendidikan juga ditingkatkan dengan pembukaan Kantor Internasional FTUI dan penambahan mitra-mitra universitas di tingkat dunia untuk kolaborasi pendidikan dan penelitian internasional.

"Belum lama ini, FTUI berhasil menggandeng University of Birmingham, Inggris untuk membuka program sarjana-magister double dan tripple degree," terangnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mendukung komitmen pemerintah Indonesia untuk mencapai kemandirian pada produksi alat kesehatan dengan mengucurkan 500 juta rupiah dana seed funding reverse engineering untuk 10 produk kesehatan.

Lalu, tiga insititut riset baru diresmikan FTUI untuk mewadahi berbagai penelitian dan inovasi salam bidang energi, biosistem dan bioengineering serta perancangan wilayah dan smart cities.

"Kami berharap dapat mempelajari dan merekayasa kembali alat kesehatan yang sudah ada," harapnya.

Dalam akhir keterangan, Heri mengapresiasi capaian dari peran aktif dan kolaboratif kinerja antara unsur dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan juga peran alumni.

"Prestasi-prestasi ini merupakan bukti nyata dari kualitas pendidikan dan komitmen FTUI dalam mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan masa depan,” tutupnya.​​​​​​​

Baca juga: UI rancang kapal penangkap ikan bermesin hibrid yang ramah lingkungan

Baca juga: Guru Besar FTUI kaji pirolisis untuk industri kimia berbasis biomassa

Baca juga: Guru Besar UI: Korosi timbulkan kerugian ekonomi dan kesehatan
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023