Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengapresiasi Penghargaan Tokoh Reformasi Parlemen Tahun 2023 oleh media Teropong Senayan yang diberikan kepada dirinya karena hal ini penting untuk menjaga kepercayaan publik terhadap institusi parlemen.
 
“Saya menyampaikan terima kasih dan terus mendorong Teropong Senayan untuk menyelenggarakan awards ini secara berkala. Ini penting agar publik dapat menilai kinerja wakil rakyatnya dalam menjalankan fungsi partisipasi," kata Syarief dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Sebab, kata dia, parlemen memiliki fungsi krusial dalam kehidupan bernegara, di mana DPR RI bersama pemerintah membentuk kebijakan strategis yang ditujukan bagi kepentingan rakyat.
 
"Setiap anggota DPR RI punya kewajiban memperjuangkan aspirasi konstituennya, termasuk dalam pembentukan aturan hukum, pengawasan, maupun penyusunan anggaran negara,” ujarnya.
 
Untuk itu, lanjut dia, parlemen yang aspiratif, partisipatif, dan kritis akan berdampak pada kualitas kebijakan publik.

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Pilih pemimpin yang pancasilais pada Pilpres 2024
Baca juga: Syarief Hasanajak masyarakat hemat energi
 
"Semua kiprah yang dilakukan ini adalah bagian dari perjuangan platform dan cita-cita partai. Partai Demokrat konsisten dalam memperjuangkan kebijakan yang berpihak pada rakyat," ucapnya.
 
Adapun partisipasi aktif dan kritis parlemen dalam penyusunan kebijakan merupakan ciri utama demokrasi, katanya.
 
Menurut dia, hal tersebut lantaran parlemen adalah representasi rakyat sehingga suara parlemen semestinya mewakili suara rakyat.
 
"Maka bentuk penghargaan oleh Teropong Senayan ini menjadi refleksi bahwa kerja-kerja parlemen adalah gabungan dari kerja politik dan teknokratik. Parlemen dan pemerintah setara sebanding dalam menyusun kebijakan," tuturnya.
 
Lewat penghargaan yang diraihnya tersebut, mantan Menteri Koperasi dan UKM itu berkomitmen untuk terus memperjuangkan aspirasi rakyat.
 
"Akan menjadi pengingat bahwa tugas utama setiap anggota DPR RI adalah berpihak pada rakyat," imbuhnya.
 
Diketahui, penghargaan tersebut merupakan kesekian kali yang diraih Syarief Hasan atas kiprahnya dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai seorang legislator.
 
"Saya tentunya mempersembahkan penghargaan ini kepada konstituen saya di Cianjur dan Kota Bogor, keluarga besar Partai Demokrat, serta rakyat Indonesia pada umumnya. Mari kita sama-sama mengawal demokrasi agar terus tumbuh dan berkualitas,” kata Syarief.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023