Mataram (ANTARA) - Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menjadi delegasi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Open Government Partnership (OGP) Global Summit di Tallin Estonia

"Pada tanggal 4-8 September 2023, Kabupaten Sumbawa Barat bersama Civil Society Organisation (CSO) akan menjadi delegasi Indonesia pada Ajang Konferensi Tingkat Tinggi OGP Global Summit di Tallin Estonia," kata Bupati Sumbawa Barat Dr Musyafirin dalam sambutannya pada upacara syukur ke-7 tahun 2023, Kamis.

Praktik keterbukaan pemerintah direalisasikan melalui 5 komitmen pemerintah daerah yang akan ditinjau. Komitmen tersebut yakni implementasi Forum Pelayanan Setara, Inklusif dan Transparan (Forum Yasinan), Satu Data Sumbawa Barat, Penataan Urusan Organisasi Daerah yang bertanggung jawab, Pemberdayaan Masyarakat Rentan melalui Gotong Royong, dan Implementasi Posyandu Gotong Royong.

"Tim Monitoring Open Government Indonesia (OGI) akan melaksanakan pemantauan implementasi program OGP Lokal di Kabupaten Sumbawa Barat pada tanggal 23-24 Juli 2023," katanya.

Baca juga: Menteri PPN akan sampaikan catatan tata kelola di KTT OGP 2021

Baca juga: Wapres tekankan peningkatan kesadaran transparansi pada "OGP"


Oleh sebab itu, Bupati memohon doa dukungan semua pihak, sehingga nama baik Sumbawa Barat dapat tercatat di kancah dunia. Selain itu, ia menekankan kepada seluruh kepala OPD beserta perangkat nya untuk segera mengeksekusi program-program yang telah direncanakan dalam APBD 2023.

"APBD Perubahan Tahun 2023 telah selesai, selanjutnya kita dapat melaksanakan program di dalamnya," katanya.

"Saya berharap OPD agar segera mengeksekusi apa yang telah direncanakan terutama yang berkaitan erat dengan pelayanan dasar terhadap masyarakat. Segera kerjakan apa yang bisa kita kerjakan hari ini dengan tetap berpegang terhadap aturan yang berlaku," katanya.

Ia juga berharap para ASN bisa meningkatkan sinergi dan kerja kolaboratif maksimalkan implementasi Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong di Tengah masyarakat.

"Kolaborasi semua OPD harus terus dilakukan untuk meningkatkan pelayanan publik," katanya.*

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023