Medan (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan Danau Toba, di Provinsi Sumatera Utara memiliki potensi besar pada sektor Ekonomi Kreatif yaitu pada subsektor kriya.

"Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekonomi kreatif," ucap Sandiaga, pada kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kreatif Indonesia Kota Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, dalam keterangan diterima, Kamis.

Sandiaga menyebutkan dengan bekal kreativitas dan inovasi, pelaku ekonomi kreatif dapat memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Workshop Kata Kreatif Indonesia ini merupakan program prioritas dari Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif yang dimana membangun strategi pengembangan dari Desa ke Kota dengan memperkuat daerah dan Desa dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan strategi ekonomi domestik.

Baca juga: Sandiaga Uno berharap Festival Tabut Bengkulu dorong ekonomi nasional

"Hal ini disampaikan dalam kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia di Kota Balige Kabupaten Toba yang merupakan lokasi ke-20 dari rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia tahun 2023," kata Menparekraf.

Sementara itu, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb mengatakan bahwa kegiatan ini adalah ngobrol bareng bersama Menteri Sandiaga Uno dalam acara Workshop KaTa Kreatif.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno di Kabupaten Toba.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi motivasi dalam mengembangkan usaha bagi pelaku UMKM di Kabupaten Toba," kata Taufik.

Baca juga: Kemenparekraf Hidupkan Kembali Pariwisata dan Ekonomi di Tapal Batas Indonesia - Papua Nugini

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023