"Kami tidak akan mengatakan apapun soal Xavi."
Madrid (ANTARA News/Reuters) - Pelatih tim nasional sepakbola Spanyol, Vicente del Bosque, berupaya keras mencari pengganti  Xavier "Xavi" Hernández jelang menjamu Finlandia dalam laga lanjutan kualfikasi Piala Dunia 2014 Grup I zona Eropa pada Jumat malam (22/3).

Xavi, sang tulang punggung Spanyol dalam era kejayaan dengan memenangi Piala Eropa 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010, saat ini  tersebut didera masalah pada urat lututnya selama beberapa pekan terakhir.

Del Bosque diprediksikan tidak akan mencari resiko dengan memainkan geladang 33 tahun itu saat melawan Finlandia dan akan menyerahkan tugas sebagai jenderal lapangan tengah Spanyol kepada Andres Iniesta, Cesc Fabregas atau Santi Cazorla, mengingat mereka masih memiliki satu laga menghadapi Prancis di Paris pada Selasa (26/3).

"Kami tidak akan mengatakan apapun soal Xavi hari ini, kita semua mengetahui bagaimana pentingnya ia bagi Barcelona dan tim nasional," kata gelandang Javi Garcia dalam konferensi pers di pusat pelatihan Spanyol di luar Madrid pada Rabu (20/3).

"Kami berharap ia segera sembuh dan bugar, terlebih apabila ia sudah dipilih masuk ke dalam daftar pemain kali ini tentunya ia akan bermain serta membantu di setidaknya satu pertandingan," kata pemain Manchester Cityt itu menambahan.

Spanyol dan Prancis yang bermain imbang 1-1 saat bertemu di Madrid pada Oktober 2012 silam sama-sama telah mengoleksi tujuh poin, meskipun juara bertahan Dunia dan Eropa itu berada di puncak klasemen melalui agresivitas agregat gol.

Pertandingan Spanyol melawan Finlandia yang akan berlangsung di kandang Sporting Gijon, Stadion Molinon, serta laga Prancis melawan Georgia pada Jumat di Stadion Stade de France dianggap sebagai partai pembuka saja, sebelum kedua tim bertemu pada Selasa (26/3).

Meski demikian penyerang Spanyol Juan Mata memastikan timnya tidak akan membuat kesalahan dengan menganggap remeh Finlandia yang saat ini berada di dasar klasemen dengan perolhan satu poin saja.

"Sebagaimana yang disampaikan oleh pelatih, tidak sepantasnya kami sudah memikirkan laga melawan Prancis, karena sebelumnya kami harus terlebih dulu memenangi pertandingan di Gijon," ujar pemain Chelsea tersebut.

"Ada enam poin penting yang akan membantu kami mencapai tujuan, menjadi taruhannya, semoga kami mampu mengamankannya," kata Mata menambahkan.

Del Bosque juga harus memutuskan siapa dari trio penjaga gawang Pepe Reina, Victor Valdes dan David de Gea yang akan mengisi tempat Iker Casillas di bawah mistar, mengingat sang kapten masih berada dalam proses penyembuhan dari cedera patah tangan.

Reina memiliki pengalaman lebih di tim nasional dengan 26 kali penampilan dibandingkan 11 kali milik Valdes, namun belum lama ini baru sembuh dari cedera betis.

De Gea yang dipanggil untuk kedua kalinya masih menantikan kesempatan untuk debut bersama tim nasional Spanyol.

Di sisi lain pelatih Finlandia Mixu Paatelainen diprediksikan akan memilih pemain-pemain berpengalaman untuk menghadapi laga melawan Spanyol, yang merupakan ketujuh kalinya bagi negara tersebut.

Pertemuan terakhir keduanya berakhir imbang 0-0 dalam laga persahabatan di Helsinki pada Oktober 2007 silam sementara Spanyol memiliki catatan empat kali kemenangan, sekali seri dan sekali kalah dari Finlandia secara keseluruhan.

"Kami tak mau berandai-andai seolah membangun istana di atas awan, namun kami memastikan perlawanan sengit akan dihadapi Spanyol untuk dapat menang," kata gelandang Teemu Tainio sebagaimana dilansir situs resmi tim naisonal Finlandia (www.palloliitto.fi).

"Kami harus menjaga jarak yang ada dengan ketat. Mungkin Spanyol akan canggung apabila mereka tidak bisa bermain di antara dua tali," ujat bek Kari Arkivuo.

Perkiraan susunan pemain:
Spanyol: 12-Victor Valdes; 17-Alvaro Arbeloa, 15-Sergio Ramos, 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba; 14-Xabi Alonso, 16-Sergio Busquets, 6-Andres Iniesta; 21-David Silva, 7-David Villa, 10-Cesc Fabregas

Finlandia: 12-Lukas Hradecky; 22-Jukka Raitala, 4-Joona Toivio, 3-Niklas Moisander, 13-Kari Arkivuo; 14-Tim Sparv, 19-Alexander Ring, 10-Perparim Hetemaj; 7-Roman Eremenko, 8-Teemu Tainio; 9-Mikael Forssell .
(Uu.G006/A016)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013