Jakarta (ANTARA) - Pebalap Mercedes George Russell tercepat mengungguli pebalap McLaren Oscar Piastri pada sesi latihan bebas pertama, Jumat, untuk Grand Prix Hungaria yang akan berlangsung akhir pekan ini.

Dalam sesi latihan bebas yang basah dikarenakan hujan -- menyebabkan kecelakaan yang dialami pebalap Red Bull Sergio Perez -- pebalap Inggris Russell mencatat waktu 1 menit 38,795 detik, sementara pebalap Australia Piastri mencatat waktu 1 menit 39,154 detik.

Lance Stroll dari Aston Martin tercepat ketiga di depan Lando Norris dari McLaren, yang kemudian Fernando Alonso dari Aston Martin dan Valtteri Bottas dari Alfa Romeo masing-masing di urutan kelima dan keenam.

Juara bertahan Max Verstappen dari Red Bull dan juara tujuh kali Lewis Hamilton dari Mercedes sama-sama memilih untuk tidak mengikuti latihan bebas pertama tersebut dalam kondisi berisiko.

Perez mengalami kecelakaan pada putaran pembukaan, sehingga merusak bagian depan mobilnya.

Baca juga: Red Bull buka suara soal Ricciardo gantikan De Vries untuk AlphaTauri

Pada hari yang cerah namun mendung, sesi dimulai dengan fokus intens pada kembalinya Daniel Ricciardo beraksi dengan AlphaTauri dan reaksi Perez yang berada di bawah tekanan di Red Bull.

"Saya tidak percaya ini," kata Perez, yang pada akhir pekan ini berusaha untuk mengakhiri performa kualifikasi yang buruk sejak lima balapan terakhir sebelum Grand Prix Miami, seperti disiarkan AFP.

Setelah jeda sembilan menit, sesi dilanjutkan dengan hujan deras yang memaksa tim mengadu mobil dan menunggu badai berlalu.

Baca juga: Verstappen siapkan strategi dan pembaruan teknis jelang GP Hungaria

Hamilton melakukan aksi singkat untuk menguji kondisi, diikuti oleh Ocon, tetapi hanya untuk satu putaran sebelum Norris dan Piastri juga keluar, dan hujan semakin deras.

Saat hujan mereda, dengan 16 menit tersisa, Valtteri Bottas keluar mencatat waktu putaran 1:47.787.

Verstappen mengikutinya, tetapi Carlos Sainz dari Ferrari memilih untuk berhenti lagi setelah berputar keluar di Tikungan Tiga di mana mobilnya "terdampar" sebelum petugas mendorongnya kembali untuk beraksi.

Sesi dilanjutkan dengan 10 menit tersisa saat Logan Sargeant dan rekan setimnya di Williams Alex Albon memuncaki waktu. Namun, posisi tinggi mereka dengan cepat hilang.

Baca juga: Ferrari tak ingin "main aman" untuk hadapi GP Hungaria

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023