Jakarta (ANTARA) - Bos Tim Balap Red Bull Christian Horner buka suara terkait keputusan meminjamkan pebalap ketiga mereka, Daniel Ricciardo, kepada AlphaTauri untuk menggantikan Nyck de Vries pada Grand Prix Hungaria.

Horner menilai keputusan untuk mengistirahatkan De Vries adalah pilihan terbaik menyusul performa yang tidak memuaskan dari sang pebalap Belanda dari awal hingga pertengahan musim ini.

"Itu jelas menjadi situasi yang sulit bagi Nyck de Vries. Tapi, ada harapan yang tinggi padanya, karena meski tidak berpengalaman di Formula 1, dia jelas merupakan pebalap yang sangat kompeten dan memiliki banyak pengalaman lainnya," kata Horner, dikutip dari laman resmi Formula 1, Rabu.

De Vries merupakan pebalap cadangan Mercedes selama tiga musim, sebelum akhirnya ia bergabung dengan AlphaTauri di awal tahun ini.

Baca juga: Ferrari tak ingin "main aman" untuk hadapi GP Hungaria

Bergabungnya De Vries ke grid pebalap utama terjadi setelah dia tampil mengesankan dalam penampilan penggantinya yang mengejutkan bersama Williams di GP Italia tahun lalu dengan berhasil finis di urutan kesembilan.

Namun, kini ia berjuang untuk menyamai performa rekan setimnya di AlphaTauri, Yuki Tsunoda. Hampir sepanjang musim, ia gagal mencetak poin di salah satu dari 10 balapan pembuka sepanjang tahun ini.

"Saya pikir ada perasaan yang menyatakan bahwa Nyck tidak cukup tepat sasaran (untuk bersaing di F1). Dan kemudian pertanyaan selanjutnya adalah, apa saja pilihannya apabila kami ingin mengubah keadaan?" kata Horner.

"Dan dari sudut pandang Red Bull Racing, opsi paling menarik bagi saya adalah melihat bagaimana performa Daniel (Ricciardo). Jadi itulah keputusan yang dibuat. Semuanya terjadi cukup cepat dan inilah dia untuk Grand Prix Hungaria," imbuhnya.

Ketika ditanya kapan De Vries diberitahu tentang keputusan Red Bull dan AlphaTauri untuk pindah darinya, Horner menjawab bahwa segalanya terjadi lebih cepat dari ekspektasi, mengingat pihaknya tengah melakoni sejumlah sesi uji coba mobil.

Sementara itu, De Vries telah menjadi salah satu dari dua pebalap Belanda di grid musim ini, bersama dengan pembalap Red Bull Max Verstappen.

Putaran ke-12 Formula 1 di Hungaria akan bergulir pada 21-23 Juli.

Baca juga: Piastri tak ingin menyerah untuk rebut podium perdana F1

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023