Jakarta (ANTARA) - Pebalap rookie McLaren Oscar Piastri mengatakan tidak ingin menyerah untuk merebut podium perdananya pada kompetisi Formula 1, setelah finis empat besar pada Grand Prix Inggris.

"Jalan kami masih panjang untuk menantang beberapa tim berikutnya, tapi segala sesuatunya masih mungkin untuk terjadi jika kami dapat terus menjalani akhir pekan yang baik seperti ini," kata Piastri, dikutip dari AFP, Senin.

Pebalap asal Australia itu menggambarkan finis keempatnya sebagai momen yang "pahit-manis", mengingat ia telah berusaha mempertahankan posisi ketiga dari awal hingga pertengahan balapan, sebelum akhirnya ia disalip oleh Lewis Hamilton (Mercedes) -- yang berada finis di belakang Lando Norris (McLaren) dan Max Verstappen (Red Bull).

"Ini hasil yang pahit-manis. Itulah cara terbaik untuk menggambarkan perasaan saya. Tapi jika dilihat dari aspek lainnya adalah kami mencapai hasil ini berdasarkan (tren) prestasi," katanya tentang hasil Formula 1 terbaiknya di musim debutnya itu.

"Saya pikir mendapatkan hasil ini dengan insiden keberuntungan adalah satu hal, tapi kami benar-benar menjadi tim tercepat kedua (di GP Inggris), dan ini merupakan kejutan yang sangat membahagiakan," imbuhnya.

Baca juga: Norris sebut sabar dalam berproses jadi kunci podium GP Inggris
Baca juga: Hamilton dan Russell akui progres positif dari McLaren


Lebih lanjut, pebalap berusia 22 tahun itu juga memuji tim atas kerja keras dan peningkatan mereka baru-baru ini.

"Apresiasi dan penghargaan terbesar untuk tim. Jelas peningkatan yang kami bawa ke mobil bekerja dengan sangat baik. Ini adalah saat-saat yang menyenangkan untuk menatap masa depan, dan kami senang bisa kembali berada di posisi depan," ucap dia.

"Saya pikir kami masih memiliki kelemahan di beberapa trek, tapi kami masih memiliki kekuatan. Dan saya pikir Silverstone mungkin bagus untuk mobil kami," ujarnya.

Tak hanya di Inggris, tim juga menikmati performa yang kuat di Sirkuit Red Bull Ring Austria yang sama-sama mengandalkan efisiensi aerodinamis yang baik.

"Senang memiliki performa terbaik itu pada dua balapan berturut-turut, dan kami akan berusaha untuk mempertahankannya. Ini adalah momen yang sangat, sangat membahagiakan. Mengesampingkan trofi, memiliki begitu banyak poin untuk tim adalah hasil yang fantastis," kata Piastri.

Sementara itu, putaran ke-12 Formula 1 akan bergulir di Hungaria pada 21-23 Juli.

Baca juga: Verstappen juara GP Inggris usai bersaing ketat dengan Norris

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023